Peringatan Hari Kartini, Tokopedia Dorong Kesetaraan Bagi Karyawan dan UMKM

By Cerysa Nur Insani, Jumat, 22 April 2022 | 14:20 WIB
Peringatan Hari Kartini, Tokopedia Dorong Kesetaraan Bagi Karyawan dan UMKM (Dok. Image Dynamics)

Stylo Indonesia - Merayakan Hari Kartini 21 April 2022, Tokopedia mengadakan virtual media briefing pada Kamis (21/04/2022).

Pada peringatan tersebut, Tokopedia berbagi informasi bahwa Tokopedia terus mengedepankan inklusivitas demi memberikan kesempatan yang setara kepada masyarakat untuk mencapai lebih sekaligus mendorong pemulihan ekonomi negeri.

“Siapa pun talenta digital terbaik, baik perempuan, laki-laki, orang tua, difabel dan masih banyak lagi, punya kesempatan yang sama untuk berkarya bagi Indonesia lewat Tokopedia. Kini ada lebih dari 6.000 Nakama (sebutan karyawan Tokopedia) yang bergabung di Tokopedia dan berasal dari berbagai profil,” jelas VP of Seller Experience Tokopedia, Puput Hidayat.

Puput turut berbagi mengenai fasilitas Tokopedia yang inklusif bagi karyawannya.

Mulai dari infrastruktur gedung Tokopedia Care yang sangat ramah difabel dengan adanya jalur pejalan kaki khusus, lift platform vertikal, pegangan tangan, hingga kamar kecil dan ruang salat yang dirancang untuk difabel.

Kantor Tokopedia juga memiliki fasilitas penunjang bagi ibu berkarier, seperti ruang menyusui hingga ruang bermain untuk anak.

Ada pula benefit cuti hamil atau maternity leave bagi perempuan dan paternity leave bagi laki-laki agar karyawan yang merupakan seorang ibu atau ayah sama-sama bisa menikmati perannya sebagai orang tua.

“Tokopedia juga kini fokus menjalankan inisiatif Hyperlocal yang mengusung teknologi geo-tagging untuk mendekatkan pembeli dengan penjual terdekat sehingga UMKM lokal di seluruh penjuru Indonesia punya kesempatan yang sama untuk bertumbuh,” tambah Puput.

Tokopedia tak ketinggalan berbagi mengenai inklusivitas pada perempuan pegiat UMKM yang membuka tokonya di Tokopedia.

Baca Juga: Dukung UMKM Fashion Muslim Lokal, Tokopedia Kembali Hadirkan Ramadan in Style

Menurut data internal, jumlah perempuan pegiat UMKM di Tokopedia naik 2,5 kali lipat di 2021 dibandingkan 2020.

Pekanbaru, Palembang, Pekalongan, Denpasar dan Balikpapan menjadi beberapa kota dengan peningkatan jumlah perempuan pegiat UMKM paling tinggi di 2021.