Cara Menghilangkan Bekas Jerawat Menurut Dokter Spesialis Kulit!

By Ananda Amelia, Sabtu, 16 April 2022 | 12:30 WIB
Cara Menghilangkan Bekas Jerawat Menurut Dokter Spesialis Kulit! (freepik.com)

Stylo Indonesia - Cara menghilangkan bekas jerawat lebih sulit dibandingkan dengan menghilangkan jerawat, setuju gak nih Stylovers?

Adapun cara menghilangkan bekas jerawat memang ada banyak sekali, dari mulai cara alami hingga melakukan treatment di dokter kulit. 

Nah, kalau kamu cara menghilangkan bekas jerawat yang paling ampuh itu apa nih Stylovers?

Tapi sebelum masuk ke tahapan bagaimana cara menghilangkan bekas jerawat, kamu perlu tahu dulu apa saja jenis-jenis bekas jerawat ini.

Dokter Spesialis Kulit dari Gloumi Aesthetic Clinic, dr. Yan M Fau menjelaskan terdapat 3 jenis bekas jerawat, yang mana masing-masing memiliki penanganan yang berbeda. 

Pertama adalah post-inflammatory hyperpigmentation (PIH), yakni terjadinya penumpukan pigmen yang berlebihan yang terjadi karena rangsangan pada kulit pada peradangan jerawat hingga bekasnya berwarna kecoklatan atau kehitaman.

Kedua adalah Post-inflammatory erythema (PIE), yaitu bekas yang berwarna kemerahan sampai keunguan yang terjadi ketika jaringan kulit mengalami stress oleh peradangan jerawat dan mengalami pelebaran pembuluh darah yang di cut ke permukaan kulit. 

Ketiga adalah scar atau bopeng, yang terjadi karena kerusakan jaringan yang lebih dalam sehingga mengganggu pertumbuhan jaringan kulit yang baru dari pasca peradangan jerawat. 

Ketiga bekas jerawat ini terjadi karena penyebab yang beragam, sehingga penanganannya pun nggak bisa sama ya Stylovers. 

“Pada kasus hyperpigmentation yang bekasnya kecoklatan sampai kehitaman, kita membutuhkan tindakan yang sifatnya eksfoliasi, yaitu kita membantu untuk membuang sel kulit yang lama atau terlanjur rusak, kemudian kita rangsang dengan pertumbuhan sel baru sehingga warna coklatnya akan memudar. Sedangkan untuk yang erythema, kita membutuhkan tindakan yang merangsang pembuluh darah untuk mengecil kembali ke ukuran normal, yakni bisa dilakukan dengan cara laser.” ujar dr. Yan M Fau.

Baca Juga: Rekomendasi Serum Niacinamide untuk Menghilangkan Bekas Jerawat