Jerawat Batu Lebih Berisiko Meninggalkan Bekas, Ini Penjelasan Ahli

By Cerysa Nur Insani, Kamis, 31 Maret 2022 | 12:45 WIB
Jerawat Batu Lebih Berisiko Meninggalkan Bekas (stylecraze.com)

Stylo Indonesia - Stylovers, sudah tahukah kamu kalau jerawat batu lebih berisiko meninggalkan bekas dibanding jenis jerawat lainnya?

Yup, jerawat batu lebih berisiko meninggalkan bekas jerawat yang lebih besar, dalam, dan sulit dihilangkan.

Fakta bahwa jerawat batu lebih berisiko meninggalkan bekas ini mungkin membuat Stylovers yang kerap mengalami jerawat batu harus lebih waspada, nih.

Dilansir dari skincare.com, Dr. Morgan Rabach seorang ahli dermatologi menjelaskan mengenai mengapa jerawat batu lebih berisiko meninggalkan bekas.

Yuk, simak penjelasan mengenai mengapa jerawat batu lebih berisiko meninggalkan bekas menurut ahli dermatologi berikut ini!

Jerawat batu atau yang memiliki istilah medis jerawat kistik memang lebih berisiko meninggalkan bekas karena area di mana ia tumbuh.

Berbeda dengan jerawat whitehead atau blackhead yang ada di permukaan kulit, jerawat kistik berada di lapisan dermis yang lebih dalam.

“Jerawat kistik terbentuk lebih dalam di lapisan dermis ketika sel kulit mati tertumpuk di kelenjar sebasea, seperti buah anggur di bawah kulit,” jelas Dr. Rabach.

Oleh sebab lokasinya tersebut, jerawat kistik tidak memiliki jalan langsung ke lapisan luar kulit, tidak bisa langsung dipecahkan, dan tidak ada jalan untuk mengeluarkan nanah dan inflamasi yang tertumpuk.

Baca Juga: 7 Cara Menghilangkan Jerawat Batu Agar Tidak Muncul Lagi, Efektif!

Dalam kata lain, jerawat kistik berada pada lapisan dermis, di bawah sel kulit dan pada lapisan kolagen.