Brand Lokal Jewel Rocks Resmi Maju ke Paris Fashion Week, Tokopedia & KBRI Paris Beri Dukungan Penuh

By Cerysa Nur Insani, Selasa, 8 Maret 2022 | 14:20 WIB
Brand Lokal Jewel Rocks Resmi Maju ke Paris Fashion Week (www.instagram.com/jewelrocksbijoux)

Stylo Indonesia - Kabar membanggakan kembali datang dari dunia brand fashion lokal asal Indonesia.

Kali ini Jewel Rocks, brand perhiasan buatan tangan yang terbuat dari berbagai material unik terpilih menjadi salah satu UMKM lokal yang akan memamerkan koleksi Autumn/Winter 2022 mereka di Paris Fashion Week Showroom.

Partisipasi UMKM asal Bali ini di Paris Fashion Week merupakan bagian dalam program ‘Indonesian Designers in Paris by L'Adresse Paris Agency’.

Showroom ini berlangsung pada 4-7 Maret 2022 di Palais Brongniart, Paris.

Dimulai sejak 2006, Imelda Widjaja selaku pemilik Jewel Rocks mengaku terinspirasi dari hobinya mengumpulkan perhiasan sebagai cendera mata setiap kali sedang bepergian.

“Saya akhirnya mendapatkan ide untuk membuat perhiasan modern yang bisa menjadi memori atau oleh-oleh tanpa meninggalkan unsur tradisi mulai dari teknik maupun tema,” ungkap Imelda.

Dalam menjalankan usahanya, Imelda berkolaborasi dengan sejumlah pengrajin perak, resin, manik kaca, dan pembuat warna alami yang tersebar di Bali, Jawa Timur dan Bandung.

Dengan modal awal hanya sebesar Rp500 ribu, kini Jewel Rocks telah memiliki 10 orang karyawan yang sebagian besar adalah ibu rumah tangga. 

Sebagai salah satu bisnis fashion yang dapat bertahan bahkan berkembang di tengah pandemi, Imelda mengaku terbantu dengan keberadaan platform marketplace digital.

Baca Juga: Nekat Pakai Lingerie di Luar Rumah, Penampilan Rihanna di Paris Fashion Week Tuai Cibiran Netizen Dunia!

Koleksi perhiasan karya Jewel Rocks. (Dok. Tokopedia)

“Selama pandemi, platform digital seperti Tokopedia sangat membantu bisnis kami. Dalam sebulan kami bisa mendapatkan hingga 150 pesanan dari Sabang sampai Merauke. Bahkan omzet kami pada 2021 meningkat tiga kali lipat dibandingkan 2020,” jelas Imelda.

Perusahaan teknologi Indonesia, Tokopedia, bersinergi dengan Kedutaan Besar Republik Indonesia di Perancis juga turut mendukung Jewel Rocks ke kancah global dalam perhelatan Paris Fashion Week.

“Kami berkomitmen untuk memberikan panggung seluas-luasnya untuk para pelaku UMKM lokal Indonesia agar mereka bisa terus berkembang khususnya di masa pandemi bahkan sampai ke kancah global,” ungkap Direktur Kebijakan Publik dan Hubungan Pemerintah Tokopedia, Astri Wahyuni.

Duta Besar RI Paris, Mohamad Oemar juga menyampaikan dukungannya terhadap kabar baik ini.

“Perancis sebagai salah satu kiblat mode dunia dapat dimanfaatkan sebagai akses bagi para desainer Indonesia merambah pasar internasional. Dukungan bagi UMKM Indonesia merupakan bagian dari upaya pemerintah RI mendorong kemajuan ekonomi kreatif Indonesia,” jelas Mohamad.

Khusus untuk perhelatan Paris Fashion Week, Imelda telah menyiapkan 10 desain baru yang belum diluncurkan di Indonesia, serta memamerkan koleksi favorit pelanggan dari Jewel Rocks.

“Harapannya, saya bisa membawa nama Indonesia melalui ajang ini sehingga pembeli di kancah internasional bisa melirik potensi usaha lokal yang semakin banyak dan berkualitas,” pesan Imelda.

Nah, itu dia Stylovers kabar brand lokal Jewel Rocks yang secara resmi maju ke Paris Fashion Week. Membanggakan banget, ya? (*)

Baca Juga: Ricuh! Aksi Aktivis Iklim yang Berdemo Saat Catwalk Show Louis Vuitton di Paris Fashion Week 2022