Kolaborasi Seni dan Fesyen di Ajang Jakarta Fashion Trend 2022, Indonesian Fashion Chamber Gandeng Institut Kesenian Jakarta

By Dinda Tiara Alfianti, Kamis, 10 Februari 2022 | 08:14 WIB
Jakarta Fashion Trend (Dok. IFC)

Stylo Indonesia - Untuk ketiga kalinya, Jakarta Fashion Trend 2022 digelar oleh Indonesian Fashion Chamber (IFC) Jakarta Chapter.

Di tahun ini, pagelaran fashion show masih digelar secara hybrid karena kondisi pandemi Covid-19 yang belum juga usai.

Ajang Jakarta Fashion Tren 2022 kali ini berkolaborasi dengan Institut Kesenian Jakarta (IKJ) sebagai institusi pendidikan seni dengan misi menciptkan dan mengembangkan seni urba dan industri budaya di Indonesia.

"Selepas pandemi yang membuat surut dunia fashion dan seni selama 2 tahun, IFC Jakarta tahun ini berusaha membawa rekan-rekan dari Institut Kesenian Jakarta untuk membuat langkah awal bersama melalui pagelaran Jakarta Fashion Trend. Kami mengajak pelaku fashion di Jakarta untuk mulai bergerak bersama,” ujar Hannie Hananto, Ketua Indonesian Fashion Chamber (IFC) Jakarta Chapter.

Konferensi pers Jakarta Fashion Trend 2022 (Dinda Stylo)

Dengan mengangkat tema FashionArt, hasil kolaborasi IFC Jakarta dan IKJ dalam gelaran Jakarta Fashion Trend 2022 dituangkan dalam pertunjukan yang memadukan peragaan busana, tari kontemporer, dan rupa gambar multimedia.

Kolaborasi ini bertujuan untuk memperlihatkan pertumbuhan budaya urban melalui peran seni rupa, tari, dan fashion ke ranah publik.

“Kegiatan JFT sangat didukung oleh IFC secara nasional karena sesuai visi dan misi IFC yaitu menjadikan Indonesia sebagai pusat mode dan mode muslim dunia. Identitas JFT semakin kuat sebagai event yang menawarkan trend fashion di Indonesia untuk masyarakat di dalam dan luar negeri,” harap Ali Charisma, National Chairmain Indonesian Fashion Chamber (IFC).

Jakarta Fashion Trend 2022 menghadirkan Fashion Parade karya 14 fashion designer yang tergabung dalam IFC Jakarta serta perwakilan dari IFC chapter lainnya dan mahasiswa Program Studi (Prodi) Desain Produk Mode dan Busana Fakultas Seni Rupa dan Desain (FSRD) IKJ.

 Baca Juga: Pandemi Belum Selesai! Mulai dari Smartwatch Hingga Kacamata, Ini Fashion Item Modis Sekaligus Berguna Bagi Kesehatan

Fashion show kali ini juga didukung dengan multimedia yang dibuat oleh mahasiswa Prodi Desain Komunikasi Visual (DKV) FSRD IKJ.