Stylo Indonesia - Stylovers yang kerap mengikuti perkembangan brand fashion lokal mungkin tak asing dengan brand jeans lokal yang satu ini, yaitu RUCAS.Co.
Saat didirikan tahun 2019, RUCAS.Co berfokus pada produk celana jeans yang memiliki desain terkini dan berkualitas.
Seiring berjalannya waktu dan kesuksesan yang dituai, RUCAS.Co mengembangkan koleksi produknya ke pakaian lain seperti jaket denim hingga kemeja flanel.
Belum genap berusia 3 tahun, RUCAS.Co telah berhasil membuktikan eksistensinya sebagai brand fashion lokal berkualitas dengan sejumlah prestasi, lho.
Baca Juga: Style Hijab Casual Jeans ala Selebgram Fitri Hasiani untuk OOTD Makin Modis
Siapa sangka, lantaran awalnya RUCAS.Co hanya berawal dari celana jeans yang dibuat untuk dipakai sendiri oleh sang founder yakni Rubin Castor Muhardi.
"Awalnya itu aku kesusahan cari celana jeans yang bawahnya kecil dan pas di badan aku. Nah karena susah, jadi aku buat sendiri," papar Rubin membuka ceritanya.
Namun, jeans yang sengaja dibuat untuk pemakaian pribadi Rubin ini ternyata menarik perhatian teman-temannya dan membuat Rubin melihat adanya potensi untuk menjualnya.
"Awalnya buat untuk dipakai sendiri, tapi lama-lama teman-teman pas aku pakai lihat dan nanya itu celana apa. Aku bilang bikin sendiri, terus mereka bilang bagus. Nah, dari sana kepikiran kenapa enggak coba aku jual gitu," tukasnya.
Akhirnya, Rubin mendirikan brand RUCAS.Co dan mulai menjual jeans buatannya secara daring sejak tahun 2019.
Kian diminati oleh para pencinta fashion lokal terutama celana jeans hingga terjual habis, Rubin mengungkapkan keunggulan RUCAS.Co yang membuatnya begitu laris.
Salah satunya adalah fokus RUCAS.Co dalam membuat pakaian dengan kualitas terbaik dan desain terkini.
Selain itu, keunikan RUCAS.Co lainnya adalah tidak memproduksi ulang koleksi yang sudah dirilis.
Baca Juga: Ide Styling Celana Jeans untuk Outfit Hijab ala Amelia Elle, Anti Monoton!
Keunikan ini membuat produk RUCAS.Co menjadi barang limited edition sehingga selalu diburu dan dikoleksi oleh para peminatnya.
Tak heran jika koleksi terbaru hingga koleksi kolaborasi yang dirilis RUCAS.Co dalam jumlah terbatas sering terjual habis dalam waktu singkat.
Adaptasi Brand Fashion Lokal di Era Digital
Rubin mengakui bahwa keberhasilan RUCAS.Co sebagai brand fashion di era ini tak lepas dari adaptasi yang dilakukan dengan teknologi.
Proses berjualan produk fashion lokal secara daring bukan tanpa hambatan, karena RUCAS.Co sendiri pun pernah mengalami sejumlah gangguan seperti website yang down hingga mempengaruhi penjualan.
Masalah inilah yang membuat Rubin dan tim cepat memutar otak dan memutuskan untuk berjualan di marketplace sejak tahun 2020 untuk mendukung sistem penjualan daringnya.
"Awal mula jualan di marketplace itu di tahun 2020, kita pakai marketplace karena website kami itu selalu down. Terus kita kerja sama dengan marketplace yang bisa menyediakan marketplace yang lebih kuat," ungkap Rubin.
Tak hanya membantu penjualannya lebih stabil, RUCAS.Co juga sangat terbantu dengan fitur yang ditawarkan marketplace bagi brand fashion lokal.
Misalnya, fitur Rilisan Special di Tokopedia yang selalu dimanfaatkan RUCAS.Co pada setiap peluncuran produknya, sehingga dapat meningkatkan antusiasme pembeli dalam menyambut produk eksklusif terbaru RUCAS.Co.
Baca Juga: Rekomendasi Celana Jeans Unik Kekinian ala Selebgram Nayla Jasmine, Kece Buat Foto OOTD!
"Kita di-support banyak sama Tokopedia. Lebih tepatnya, apapun yang kita butuhkan, kita dapat sampaikan kepada Tokopedia. Kita berdiskusi, terus dari Tokopedia biasa juga support kita pas mau launching, mulai dari server, promosi, koordinasi dan lainnya. Selain itu kita juga difasilitasi PI sendiri, jadi menguntungkan banget sih kalau berjualan melalui marketplace. Sangat membantu," imbuh Rubin.
Koleksi Kolaborasi Ludes Habis Hingga Sabet Rekor
Antusiasme pencinta fashion lokal terhadap peluncuran produk terbaru RUCAS.Co seolah tak kunjung surut, terlebih karena brand lokal ini juga kerap merilis beberapa koleksi kolaborasi eksklusif yang menarik.
Seperti kolaborasi produk jeans bersama Youtuber Bimo Putra Dwitya, dan yang belum lama ini dirilis adalah koleksi kolaborasi bersama tim E-Sport nasional BIGETRON.
Peluncuran koleksi celana jeans seri RUCASxBIGETRON ini dilakukan secara eksklusif di Tokopedia dan mendapat sambutan luar biasa.
Kolaborasi RUCASxBIGETRON ini sukses besar dan ribuan celana jeans ludes habis terjual dalam hitungan 15 menit hingga mencatat rekor penjualan terbanyak secara daring di Tokopedia.
Tak sampai di situ, penjualan koleksi RUCASxBIGETRON ini bahkan berhasil meraih penghargaan dari Museum Rekor Indonesia dengan rekor penjualan celana jeans terbanyak secara daring dalam waktu 15 menit.
Uniknya lagi, ini bukan kali pertama RUCAS.Co menyabet penghargaan Rekor MURI atas penjualannya.
Pada Juli 2020 lalu, RUCAS.Co menyabet rekor penjualan ribuan jeans tercepat dalam waktu 1 jam, dan tahun ini rekor tersebut dipecahkan oleh RUCAS.Co kembali dengan rekor penjualan ribuan jeans dalam waktu 15 menit.
Baca Juga: Selvedge Jeans: Tampil Unik dengan Motif Jeans yang Kamu Banget!
Tak merasa puas dengan prestasi sampai di sini saja, Rubin mengungkapkan ke depannya RUCAS.Co akan terus berinovasi menciptakan berbagai produk fashion lainnya dan berkolaborasi dengan artis atau influencer lain.
Prestasi RUCAS.Co sebagai brand fashion lokal ini pun diapresiasi oleh Senior Lead Fashion Tokopedia, Aldhy Darmayo.
“Sudah waktunya kita menjunjung lebih tinggi rasa bangga buatan Indonesia, sebuah kebiasaan yang dapat mendorong para UMKM bisa meraja di negeri sendiri, demi membawa perekonomian nasional yang lebih mandiri,” pesan Aldhy.
Nah, itu dia Stylovers kisah sukses brand jeans lokal RUCAS.Co sukses jual ribuan jeans dalam hitungan menit. Bangga ya, melihat prestasi brand fashion lokal yang luar biasa ini! (*)