Stylo Indonesia - Untuk tampil up to date tentunya kita wajib tahu Fashion Trend Platform 2022 yang sudah sudah dirangkum pada Stylo Fashion Shopping Landscape Survey 2022.
Stylo Fashion Shopping Landscape Survey 2022 ini merupakan survey yang membahas beragam tema fashion salah satunya adalah Fashion Trend Platform 2022.
Kabar baiknya, dalam Stylo Fashion Shopping Landscape Survey 2022 ini, Stylo Indonesia menjadi platform terfavorit di Fashion Trend Platform 2022.
Berdasarkan Stylo Fashion Shopping Landscape Survey 2022, intip yuk seperti apa Fashion Trend Platform 2022!
Baca Juga: Stylo Fashion Shopping Landscape Survey 2022: Warna Pastel Jadi Primadona di Tren Warna Fashion 2022
Stylo Fashion Shopping Landscape Survey 2022 melibatkan 1.627 responden, dengan persentase 91 persen mayoritas perempuan dari seluruh kota di Indonesia.
Menjadi survei tahunan yang rutin diselenggarakan oleh Stylo Indonesia, Stylo Fashion Shopping Landscape Survey 2022 ini berlangsung selama 12 hari yakni mulai dari 1-12 November 2021
"Fashion & Beauty Landscape memang sudah menjadi annual program sekaligus trademark Stylo Indonesia sejak 2019. Sejak berdiri tahun 2018, Stylo Indonesia memang rutin menggelar survei tahunan seperti Stylo Beauty Landscape tahun 2020, kemudian diikuti Stylo Beauty Landscape 2021, serta terbaru adalah Fashion & Shopping Landscape 2022," ujar Ridho Nugroho, M.IKom sebagai Founder Stylo Indonesia sekaligus Head Fashion Beauty Grid Network Kompas Gramedia.
Dalam pelaksanaan Stylo Fashion Shopping Landscape Survey 2022, Stylo Indonesia didukung penuh oleh StratX KG Media.
Pertanyaan-pertanyaan yang disebar pada audiens meliputi 20 pertanyaan yang apat ditarik kesimpulan bahwa audiens cukup memperhatikan tren fashion dan Instagram adalah platform yang paling sering digunakan untuk mendapatkan informasi seputar tren fashion terbaru tersebut.
"Itu pula kenapa dalam sekitar 20 pertanyaan survei untuk Stylo Fashion & Shopping Landscape 2022 sangat fokus pada 4 hal. Pertama, apakah tren fashion dan berbelanja produk fashion di masa pandemi masih menjadi perhatian dan menjadi kebiasaaan masyarakat. Kedua, produk fashion apa yang masih tetap dibeli di masa pandemi ini atau adakah perubahan selera berpakaian masyarakat. Ketiga, berapa bujet yang dihabiskan untuk berbelanja fashion dan faktor apa yang mempengaruhi masyarakat tetap mengeluarkan uang untuk berbelanja fashion. Keempat adalah semua hal mengenai belanja fashion online di marketplace dan e-commerce yang kian menjadi tren pilihan masyarakat," tambah Ridho.
Stylo Indonesia Menjadi Platform Favorit
Berdasarkan Stylo Fashion Shopping Landscape Survey 2022, Stylo Indonesia merupakan media online terfavorit untuk mengupdate tren fashion terkini dan sebagai sumber preferensi fashion.
51% responden memilih Stylo Indonesia sebagai platform terfavorit diikuti oleh Fimela yang mendapat 46% responden.
Selain itu, ada pun platform lain yang diakses oleh audiens yakni Wolipop dengan presentase 31%, IDN Times sebanyak 27%, Cosmopolitan sebanyak 20%, Brillio 12%, Harpeers Bazaar 11%, Glamour UK 10%, USS 3%.
Ada pun sejumlah 9% responden tak mengikuti tren fashion.
Bicara soal media sosial, Instagram masih menjadi platform yang paling sering diakses untuk memperbarui tren mode saat ini.
Sebanyak 84% responden memilih Instagram sebagai platform yang selalu diakses, diikuti dengan Facebook sebanyak 53% dan YouTube sebanyak 43%.
Sebagai platform berbasis video, YouTube masih lebih banyak diakses daripada TikTok yang mendapat 40% vote dari audiens dan TV yang meraup 24% pilihan audiens.
Selain itu, ada pun media cetak yang jadi pilihan audiens seperti Majalan/Tabloid dengan presentase 13%, Banner/Baliho dan Koran 2%.
Twitter mendapat presentase sebanyak 12%, Portal Media sejumlah 11%, dan Personal Blog 7%.
Ada pun responden yang tak mengikuti tren fashion sebanyak 3%.
Pengaruh Influencer dan Public Figure
Influencer atau Public Figure memiliki pengaruh yang signifikan terhadap perkembangan trend fashion saat ini.
Public Figure yang paling banyak disebut sebagai fashion model responden adalah Dian Pelangi (Designer), Tasya Farasya (Beauty Vlogger), Zaskia Sungkar (Artist), dan Rachel Vennya (Selebgram)
Sebanyak 33% responden merasa kehadiran influencer dan public figure ini sangat signifikan, 31% lainnya merasa signifikan, 19% merasa cukup signifikan, 5% merasa tak begitu signifikan, 9% merasa sedikit signifikan, dan 3% sisanya tak merasa signifikan.
Diadakannya Stylo Fashion Shopping Landscape Survey 2022 ini diharapkan dapat menjadi acuan dalam melihat tren yang terjadi.
"Harapannya semoga Stylo Fashion & Shopping Landscape 2022 dapat menjadi guidance bagi semua pelaku industri Fashion serta masyarakat luas baik dalam segi strategi bisnis, penyusunan kampanye promo hingga arah tren fashion 2022 yang berkorelasi dengan minat selera pasar secara nyata. Tentu saja ini juga menjadi bukti keseriusan Stylo Indonesia untuk menjadi satu-satunya Top 1 brand media digital Fashion & Beauty di Indonesia," tegas Ridho Nugroho, M.IKom sebagai Founder Stylo Indonesia sekaligus Head Fashion Beauty Grid Network Kompas Gramedia. (*)
#SemuaBisaCantik