Stylo Fashion Shopping Landscape Survey 2022: Sederet Influencer dan Publik Figur jadi Kiblat Tren Bagi Perempuan untuk Belanja Busana di E-commerce

By Dinda Tiara Alfianti, Senin, 29 November 2021 | 15:15 WIB
Dian Pelangi, Rachel Vennya, Tasya Farasya, Zaskia Sungkar (Instagram)

Stylo Indonesia - Stylo Fashion Shopping Landscape Survey kembali hadir untuk tren tahun 2022.

Sejak 2019 lalu, Stylo Fashion Shopphing Landscape Survey ini telah dilakukan oleh Stylo Indonesia utuk perempuan Tanah Air.

Hal tersebut juga diungkapkan oleh Ridho Nugroho selaku Founder Stylo Indonesia sekaligus Head Fashion Beauty Grid Network Kompas Gramedia.

Baca Juga: Usai Akhiri Status Janda, Dian Pelangi Tampil Makin Cantik Modis Saat Bulan Madu ke Bali dengan Sang Suami

"Alasan saya dan Stylo Indonesia mengadakan Stylo Fashion & Shopping Landscape 2022 adalah sebagai kelanjutan dari dukungan Stylo Indonesia untuk membantu para fashion enthusiast serta para brand fashion dan marketplace dalam mendapatkan informasi mengenai preferensi sekaligus intensi masyarakat atau konsumen dalam hal berbelanja barang fashion di sepanjang tahun 2021 ini serta untuk tahun 2022 nanti," katanya.

Terdapat beberapa pertanyaan dan fokus utama yang disurvey oleh Stylo Indonesia dalam Stylo Fashion Shopping Landscape Survey 2022.

 

"Ada sekitar 20 pertanyaan survei untuk Stylo Fashion & Shopping Landscape 2022 sangat fokus pada 4 hal. Pertama, apakah tren fashion dan berbelanja produk fashion di masa pandemi masih menjadi perhatian dan menjadi kebiasaaan masyarakat. Kedua, produk fashion apa yang masih tetap dibeli di masa pandemi ini atau adakah perubahan selera berpakaian masyarakat. Ketiga, berapa bujet yang dihabiskan untuk berbelanja fashion dan faktor apa yang mempengaruhi masyarakt tetap mengeluarkan uang untuk berbelanja fashion. Keempat adalah semua hal mengenai belanja fashion online di marketplace dan e-commerce yang kian menjadi tren pilihan masyarakat," lanjut Ridho.

Dalam survey tersebut juga ditemukan data angka 84% bahwa Instagram jadi salah satu platform yang paling berpengaruh untuk perempuan mengetahui soal tren fashion.

Baca Juga: Vanessa Angel Meninggal Dunia, Zaskia Sungkar Pamerkan Potret Cantik Istri Bibi Ardiansyah Dalam Balutan Hijab Lilit di Dalam Mobil

Platform tersebut juga dimanfaatkan oleh para influencer untuk menyampaikan soal tren fashion 2022 kepada publik.

Sekarang ini, influencer atau publik figur jadi salah satu kiblat perempuan untuk inspirasi tren fashion.

 

Ditemukan pula data bahwa beberapa nama seperti Dian Pelangi (Desainer), Tasya Farasya (Beauty Vlogger), Zaskia Sungkar (Artis), dan Rachel Vennya (Selebgram).

Terbukti bahwa terdapat angka 33% yang menunjukkan bahwa sejumlah nama tersebut sangat signifikan sebagai sosok yang terpengaruh untuk tren fashion.

Baca Juga: Nggak Kebanting saat Foto Bareng Model Victoria's Secret Gigi Hadid dan Adriana Lima, Penampilan Tasya Farasya Jadi Sorotan Netizen!

 

Data Stylo Indonesia (Stylo Indonesia)

Sejumlah data tersebut menjadi bukti bahwa survey ini bisa menjadi guidance bagi semua pelaku industri Fashion serta masyarakat luas sesuai dengan harapan Stylo Indonesia.

"Harapannya semoga Stylo Fashion & Shopping Landscape 2022 dapat menjadi guidance bagi semua pelaku industri Fashion serta masyarakat luas baik dalam segi strategi bisnis, penyusunan kampanye promo hingga arah tren fashion 2022 yang berkorelasi dengan minat selera pasar secara nyata. Tentu saja ini juga menjadi bukti keseriusan Stylo Indonesia untuk menjadi satu-satunya Top 1 brand media digital Fashion & Beauty di Indonesia," tutup Ridho Nugroho, M.IKom. (*)