Buku Panduan Pertolongan Pertama Kesehatan Jiwa Indonesia, Pedoman Tingkatkan Kesadaran Kesehatan Mental

By Novita Ibnati Awalia, Minggu, 7 November 2021 | 11:39 WIB
Buku Panduan Pertolongan Pertama Kesehatan Jiwa Indonesia, Pedoman Tingkatkan Kesadaran Kesehatan Mental (Peluncuran & Bincang Buku ‘Panduan Pertolongan Pertama Kesehatan Jiwa Indonesia’)

Stylo Indonesia - Isu kesehatan jiwa makin jadi perhatian terutama di masa-masa sulit seperti pandemi ini.

Dengan kondisi dunia yang tak menentu dan banyaknya faktor stress membuat banyak orang terdampak.

Isu kesehatan jiwa tak bisa dianggap remeh, oleh sebab itu perlu bagi kita untuk mengetahui mengenai kondisi kesehatan jiwa secara profesional.

Diluncurkannya buku 'Panduan Pertolongan Pertama Kesehatan Jiwa Indonesia' pada Sabtu (06/11/2021) ini diharapkan dapat menjadi pedoman untuk meningkatkan kesadaran terhadap isu tersebut.

Baca Juga: Ternyata Yoga Bermanfaat untuk Kesehatan Mental, Ini Faktanya!

Dr. Sandersan (Sandy) Onie, penulis dari buku ini merupakan seorang ahli kesehatan mental dan pencegahan bunuh diri yang saat ini berkantor di Black Dog Institute, UNSW Sydney, Australia.

Berbekal kompetensi dan pengalaman pribadi, buku yang ditulis Dr. Sandy ini berisi pedoman singkat mengenai depresi, kecemasan, maupun beberapa kondisi stres kronis dan cerita dari mereka yang pernah mengalaminya.

Adanya stigma dan pandangan rendah terhadap gangguan jiwa membuat isu kesehatan jiwa ini masih dianggap tabu untuk dibicarakan.

Padahal, hal ini dapat memperparah kondisi gangguan jiwa.