Tidur Tengkurap Bisa Melancarkan Pernapasan Bagi Pasien Covid-19, Ini Cara dan Penjelasannya

By Grace Kencana Pranata, Selasa, 6 Juli 2021 | 18:10 WIB
Tidur Tengkurap Bisa Melancarkan Pernafasan Bagi Pasien Covid-19, Ini Cara dan Penjelasannya (Freepik.com)

Stylo Indonesia - Kondisi perubahan fungsi organ tubuh pernapasan pasien Covid-19 ternyata bisa diatasi dengan cara melakukan posisi tidur tengkurap.

Yap, dengan menerapkan posisi tidur tengkurap bisa melancarkan pernapasan bagi pasien Covid-19.

Dilansir Stylo Indonesia dari Kompas.com, beberapa ahli telah menjelaskan manfaat tidur tengkurap bisa melancarkan pernapasan bagi pasien Covid-19.

Terdengar sepele, posisi tidur tengkurap dengan peletakan bantal di beberapa titik bisa melancarkan pernapasan bagi pasien Covid-19.

Hal itu diungkapkan oleh Dokter Spesialis Pulmonologi dan Kedokteran Respirasi (Paru), Prof. dr. Menaldi Rasmin, Sp.P(K)., FCCP dalam Webinar dan Media Gathering Online 2021, Update Perkembangan Covid-19 & Vaksinasi yang diselenggarakan Ramsay Sime Darby Health Care Indonesia (RSDHI), Kamis (26/2/2021).

Baca Juga: Penampakan Siger Sunda dan Siger Betawi Pada Pengantin yang Sekilas Mirip, Ternyata Beda Jauh!

Dalam paparannya bertajuk Covid-19 dan Hubungannya dengan Vaksin, Prof Menaldi mengatakan bahwa teori tidur tengkurap atau telungkup sangat bermanfaat untuk menghindarkan pasien mengalami sesak napas.

"Itu (tidur tengkurap terhindar dari sesak napas) manfaat sederhananya," kata Prof Menaldi.

Menurut Prof Menaldi, terdapat manfaat tidur tengkurap pada pasien Covid-19 akan membuat organ pernapasan, yakni paru-paru dapat tetap bersih, terhindar dari potensi terjadinya endapan peradangan pada organ ini.

Manfaat yang ia sebutkan antara lain seperti paru-paru bengkak dan basah, yang dapat menyebabkan pasien menjadi sulit bernapas.

Baca Juga: 4 Makanan Alami Peningkat Imun Tubuh di Masa Pandemi Covid-19