Mencampur Retinol dan Bakuchiol Bisa Bikin Kulit Iritasi? Begini Penjelasannya Menurut Para Ahli!

By Rina Suhandi, Jumat, 28 Mei 2021 | 19:10 WIB
Mencampur Retinol dan Bakuchiol Bisa Bikin Kulit Iritasi? Begini Penjelasannya Menurut Para Ahli! (Freepik)

Stylo Indonesia - Retinol dan bakuchiol merupakan bahan aktif yang sama-sama memiliki fungsi anti aging.

Namun, apakah skincare retinol dan bakuchiol bisa dicampur?

Usut punya usut, mencampur retinol dan bakuchiol disebut-sebut bisa bikin kulit iritasi loh, Stylovers!

Bisa bikin kulit iritasi, kira-kira bagaimana ya penjelasan para ahli mengenai penggunaan skincare retinol dan bakuchiol yang dicampur atau digunakan bersamaan?

Baca Juga: Lebih Ramah di Kulit, Yuk Kenalan dengan Kandungan Bakuchiol Menurut Dermatolog!

Dilansir Stylo Indonesia dari Kompas.com, retinol dikenal sebagai salah satu zat aktif dari retinoid atau vitamin  A yang dapat memperlambat penuaan (anti aging), menyamarkan noda hitam, bekas jerawat, dan memiliki beragam manfaat lainnya untuk kesehatan kulit.

Sayangnya, retinol dirasa terlalu keras bagi beberapa orang, sehingga mengakibatkan kulit menjadi kering dan memungkinkan timbulnya iritasi.Chief Marketing Officer di PT Bluepin Indonesia Perkasa, dr. Dessy Esa S, MMRS, dipl.CIBTAC mengatakan, bahwa bakuchiol adalah bahan alami yang diambil dari tanaman Babchi (Psoralea corylifolia).Ia juga mengungkapkan, bahwa ada sebuah penelitian yang melibatkan 44 peserta yang menggunakan bakuchiol sebanyak dua kali sehari dan retinol (dengan konsentrasi 0,5 persen) sebanyak satu kali sehari.

Baca Juga: Disebut Bahan Alami, Amankah Skincare Bakuchiol untuk Kulit Sensitif? Yuk Simak Penjelasannya Menurut Dermatolog!