Cegah Sakit Selama Puasa di Tengah Pandemi

By Fathia Yasmine, Jumat, 30 April 2021 | 10:00 WIB
Ilustrasi berbuka puasa bersama (Dok. Shutterstock)

Stylo.id – Pada bulan Ramadhan, umat Islam diwajibkan untuk berpuasa selama 30 hari. Selama itu pula, pola makan berubah. Jika biasanya makan dilakukan pada pagi, siang, dan malam, selama puasa hanya pada waktu menjelang subuh dan malam hari.

Ada anggapan bahwa puasa Ramadhan dapat membuat imunitas tubuh menurun. Asumsinya karena asupan makanan berkurang dan pola makan berubah. Mengingat saat ini pandemi Covid-19 belum usai, ada ketakutan bahwa tubuh akan lebih rentan terpapar virus corona.

Ternyata, anggapan tersebut tidak sepenuhnya tepat. Asupan nutrisi pada saat Ramadhan tetap cukup apabila Stylovers memilih jenis makanan yang tepat untuk dikonsumsi saat sahur dan berbuka.

Selain itu, dilansir dari laman web Kementerian Kesehatan, kemkes.go.id, selama puasa tubuh malah mengalami proses regenerasi dan detoksifikasi. Kinerja kelenjar getah bening yang berfungsi dalam sistem imun tubuh akan kembali membaik. 

Baca Juga: Murka Setengah Mati! Krisdayanti Bantah Isu Soal Anang Hermansyah yang Fitnah Dirinya Lakukan Aborsi di Australia

Terkait imunitas, Stylovers juga tak perlu khawatir. Program vaksinasi tengah diselenggarakan pemerintah sejak Rabu (13/1/2021). Melalui vaksinasi jumlah pasien terinfeksi Covid-19 diharapkan dapat ditekan dan kekebalan kelompok (herd immunity) dapat terbentuk. 

Para ahli menyebut bahwa vaksin sebenarnya belum mampu mencegah infeksi virus hingga 100 persen. Hanya saja, tingkat keparahan infeksi dan risiko kematian akan lebih rendah pada orang yang sudah membentuk kekebalan dari vaksin.

Namun, bagi Stylovers yang sudah menerima vaksin maupun yang belum harus tetap melakukan beberapa upaya menjaga daya tahan tubuh selama berpuasa di tengah pandemi Covid-19.

Tips menjaga daya tahan tubuh selama Ramadhan

Ada beberapa tips yang dapat Stylovers terapkan supaya daya tahan tubuh tetap prima sehingga tidak mudah sakit saat berpuasa. Di atas, telah disebutkan bahwa menjaga asupan gizi yang seimbang saat sahur dan berbuka, termasuk kecukupan jumlah air, penting untuk imunitas tubuh.

Baca Juga: Cerita Pertama Kali Berhijab Salma Shabira Herliana Putri: Trauma di Masa Kecil Mengantarkan Aku Pada Pilihan Berhijab

Selain itu, ada beberapa tips lagi yang dapat Stylovers ikuti, yaitu mengurangi konsumsi gula, cukup tidur dan istirahat, dan mengonsumsi suplemen jika diperlukan.