Stylo Indonesia - Stylovers, apakah kamu sudah pernah mencoba produk skincare lokal?
Tak bisa dipandang sebelah mata, kini sudah banyak tersedia skincare lokal dengan kualitas bersaing yang wajib dicoba.
Deretan skincare lokal pun semakin beragam dan bisa dipilih sesuai masalah kecantikan kita.
Oleh sebab itu, sayang banget nih Stylovers kalau kamu belum mencoba skincare lokal yang berkualitas.
Jika Stylovers masih ragu untuk mencoba produk skincare lokal, ada beberapa tips yang bisa dilakukan saat ingin mencoba skincare lokal yang berkualitas. Simak di bawah ini, yuk!
1. Pilih produk yang terjamin aman
Sebelum memutuskan untuk membeli, pastikan skincare lokal yang ingin dicoba sudah terdaftar di Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM).
BPOM memiliki aturan yang ketat mengenai formula skincare, sehingga produk yang terdaftar di BPOM sudah terjamin keamanannya.
Baca Juga: Tren Skincare 2021: Adu Inovasi Skincare Lokal Semakin Meroket
2. Beli di toko resmi
Banyak skincare lokal hanya dijual secara online dan tidak bisa didapatkan di toko offline atau retail.
Untuk produk yang hanya bisa didapatkan secara online, pastikan Stylovers membelinya dari penjual yang resmi.
Informasi mengenai penjual atau toko online resmi bisa didapatkan melalui akun media sosial brand tersebut atau bisa dicek di platform e-commerce ternama.
Kiat ini perlu dilakukan untuk menjamin produk yang kita coba asli dan berkualitas, Stylovers!
Dengan mencoba berbagai produk kecantikan lokal, artinya Stylovers juga ikut berpartisipasi dalam mengembangkan industri kecantikan Indonesia agar lebih maju ke depannya!
Hebatnya lagi, selama masa pandemi ini, beberapa brand skincare lokal justru mengalami peningkatan penjualan selama tahun 2020, lho.
Hal ini bisa menjadi bukti bahwa brand skincare lokal mampu bertahan dengan segala kualitas yang mereka tawarkan meski dalam kondisi pandemi.
Beberapa brand skincare lokal turut memberikan testimoni mereka sebagai pegiat usaha lokal yang berjuang di masa pandemi.
Salah satunya adalah Maska Indonesia yang merupakan brand dengan berbagai pilihan skincare berbahan alami yang dirintis sejak tahun 2019.
Maska Indonesia merupakan salah satu brand skincare lokal yang mengalami peningkatan penjualan di masa pandemi.
“Selama pandemi, mengingat masyarakat lebih banyak di rumah, penjualan produk kami di Tokopedia justru mengalami peningkatan signifikan,” ujar Raditya Banyu, pendiri Maska Indonesia.
Brand lokal ini juga mengaku terbantu dengan adanya berbagai fitur dan kampanye yang disediakan oleh platform untuk mendukung pegiat usaha seperti mereka.
“Selain membuat produk kami semakin dikenal, berbagai kampanye dan fitur TopAds di Tokopedia juga membantu mendorong peningkatan transaksi hampir 2 kali lipat pada September 2020 lalu jika dibandingkan dengan bulan sebelumnya,” jelas Almas Hudiya, co-founder Maska Indonesia.
Hal serupa turut dialami oleh sesama brand skincare lokal yaitu Gentle Hour yang baru dirilis pada Agustus 2020 lalu.
Baca Juga: Tren Skincare Lokal 2021: Personalized Skincare, Skincare yang Dirancang Khusus untuk Setiap Orang
Belum genap berusia satu tahun, brand yang dikenal dengan produk pembersih wajahnya ini turut mendapatkan kontribusi yang signifikan pada penjualan dengan memanfaatkan platform digital seperti Tokopedia.
Tak hanya meningkatkan penjualan, platform digital juga dapat membantu brand lokal seperti Gentle Hour untuk menjangkau pecinta skincare di seluruh Indonesia, dari Sumatra hingga Papua.
“Tokopedia membantu kami menjangkau pelanggan lebih jauh bahkan hingga ke Papua. Bahkan kehadiran berbagai kampanye di Tokopedia, contohnya Oh Beauty Festival, bisa membuat Gentle Hour semakin dikenal di masyarakat sekaligus meningkatkan penjualan kami menjadi 13 kali lipat,” ujar Joyce, salah satu pendiri Gentle Hour.
Fenomena perkembangan brand skincare lokal ini juga diamini oleh beauty influencer Affi Assegaf.
Menurut Affi, kini banyak brand skincare lokal sudah berlomba menawarkan produk berkualitas yang tidak kalah saing dengan produk asing, maka tak heran jika penjualannya meningkat.
“Penjualan produk skincare lokal pun meningkat. Ini menandakan tingginya permintaan akan produk lokal di pasaran,” ujar Affi.
Tokopedia sebagai salah satu platform e-commerce bahkan mencatat adanya peningkatan transaksi pada kategori Kecantikan yang mencapai hampir 2 kali lipat menjelang akhir tahun 2020 lalu.
Menurut Jessica Stephanie Jap, AVP of Category Development for FCMG & Long Tail Categories Tokopedia, ada sejumlah produk skincare yang lebih diminati di tahun 2020. Apa saja?
Rupanya produk pembersih wajah, paket perawatan wajah, serum, masker wajah, dan krim wajah merupakan beberapa contoh produk kecantikan yang paling laris di Tokopedia selama tahun 2020. Adakah salah satunya favoritmu, Stylovers?
Nah, pastinya Stylovers enggak mau ketinggalan untuk mencoba berbagai skincare lokal yang berkualitas, kan?
Tingginya antusiasme pecinta skincare Indonesia terhadap produk lokal ini menjadi latar belakang hadirnya kampanye Tokopedia Beauty Dealight.
“Kampanye ini adalah upaya Tokopedia untuk #SelaluAdaSelaluBisa mempermudah masyarakat mendapatkan berbagai kebutuhan termasuk produk kecantikan,” jelas Jessica.
Tokopedia Beauty Dealight yang berlangsung hingga 5 Maret 2021 ini merupakan panggung bagi para pegiat usaha, terutama UMKM lokal di industri kecantikan untuk tetap bisa mempertahankan bisnis mereka di tengah pandemi.
Baca Juga: Tren Skincare 2021: Dari Sheet Mask, Serum, Hingga Retinol Hiasi Tren Brand Skincare Lokal Indonesia
Ada lebih dari 100 brand kecantikan berkualitas terutama dari para pegiat usaha lokal yang bisa ditemukan di Tokopedia Beauty Dealight, termasuk Gentle Hour sebagai salah satunya.
“Kami mengikuti kampanye Tokopedia Beauty Dealight sebagai salah satu upaya kami untuk terus memenuhi kebutuhan pasar. Selain itu, kami juga terus berinovasi, salah satunya dengan meluncurkan dua produk baru Gentle Hour yang bisa didapatkan secara eksklusif di Tokopedia,” ujar Revata, co-founder Gentle Hour.
Tokopedia Beauty Dealight juga memiliki penawaran menarik lainnya untuk pelanggan seperti gratis ongkir, exclusive launch, flash sale, voucher cashback, dan lainnya.
“Saya sangat mengapresiasi Tokopedia karena sudah memberikan panggung luas untuk para pegiat usaha lokal di industri kecantikan. Rasa bangga buatan Indonesia memang sudah seharusnya kita pupuk bersama-sama demi membantu pemulihan ekonomi nasional,” ujar Affi Assegaf.
Kini sudah ada banyak pilihan produk kecantikan lokal yang berkualitas, lebih mudah didapatkan, dan tentunya dengan variasi harga yang bisa dipilih sesuai budget.
Kira-kira, produk kecantikan lokal apa nih yang enggak sabar untuk kamu coba, Stylovers? (*)