Awas! Kulit Perih, Merah-merah, dan Gatal Akibat Pakai Skincare Hidrokuinon, Ini Penjelasan Dermatolog

By Grace Kencana Pranata, Rabu, 24 Februari 2021 | 14:10 WIB
Awas! Kulit Perih, Merah-merah, dan Gatal Akibat Pakai Skincare Hidrokuinon Asal (freepik.com)

Stylo Indonesia - Belum lama ini, kandungan hidrokuinon dalam skincare banyak menjadi sorotan publik.

Hal ini lantaran pemakaian skincare hidrokuinon secara asal-asalan ini ternyata berisiko timbul kulit perih, merah-merah, dan gatal.

Apalagi jika pemakaian skincare hidrokuinon asal-asalan digunakan secara jangka panjang, dapat menimbulkan efek samping yang lebih parah.

Baca Juga: Youvit x Erha Collagen, Multivitamin Perpaduan Kolagen dan Vitamin C dalam Bentuk Gummy Untuk Remajakan Kulit

Dilansir Stylo Indonesia dari Kompas.com, pemaparan dari Dr Arini Astasari Widodo, SpKK, pemakaian hidrokuinon adalah kandungan yang memerlukan pengawasan dokter jika digunakan.

Maka dari itu Stylovers, Badan Pengawas Obat dan Makanan ( BPOM) memasukkannya ke dalam kategori obat, bukan kosmetik, sehingga tidak tersedia di pasaran.

"Pada batasan tertentu aman untuk digunakan, biasanya penggunaan maksimal kurang dari enam bulan dengan konsentrasi yang masih dalam batas aman," ungkap Arini kepada Kompas.com, Senin (18/1/2021).

Baca Juga: BERITA TERPOPULER: Nissa Sabyan Disebut Pelakor Mayangsari Beri Pesan Cara Hadapi Netizen Hingga Pengakuan Dosa Besar Gading Marten