Berbahayakah Vaksin Covid-19 Bagi Pasien Kanker? Simak Penjelasan Ahli!

By Astria Putri Nurmaya, Jumat, 29 Januari 2021 | 18:25 WIB
Ilustrasi Vaksin Covid-19 (www.freepik.com)

Stylo Indonesia - Pasien positif Covid-19 masih terus meningkat di seluruh dunia, salah satunya Indonesia.

Pemberian vaksin dinilai jadi cara yang efektif untuk mengatasi pandemi Covid-19.

Vaksin COVID-19 memiliki manfaat salah satunya dapat menciptakan antibodi sebagai sistem kekebalan tubuh untuk memerangi virus corona.

Tentu hal ini membuat upaya vaksinasi di seluruh dunia semakin meningkat, tetapi pertanyaan tetap mengenai keamanan vaksin Covid-19 pada penderita penyakit tertentu, khususnya pasien kanker, terus dipertanyakan.

Baca Juga: Rumah Sakit Penuh! Gejala Covid-19 Ringan, Lakukan Isolasi Mandiri dengan 6 Trik Berikut Agar Cepat Sembuh!

Tetapi menurut pengalaman seorang dokter asal Turki, vaksin Covid-19 tidak menimbulkan risiko bagi pasien penderita kanker, terutama di Turki yang telah memilih untuk memberikan vaksin CoronaVac dari Sinovac buatan China.

Profesor Timuçin Çil, dokter spesialis kanker (onkologis) sekaligus rekan peneliti di Klinik Onkologi Medis Rumah Sakit Pelatihan dan Penelitian Adana di provinsi Adana selatan, mengatakan bahwa pasien kanker termasuk di antara kelompok berisiko tinggi terkena Covid-19 dan mereka dapat dan harus divaksinasi dengan aman.

Çil mendesak pasien kanker untuk dilindungi sebanyak mungkin dengan mendapatkan vaksinasi, karena penelitian terbaru menunjukkan pasien kanker lebih rentan terhadap Covid-19 daripada yang lain.

Baca Juga: Bukan menangkal Virus, 6 Jenis Masker Ini Justru Jadi Sarang Penyakit Bila Dipakai, Hindari Deh!