Dior Resmi Teken Kontrak Kain Endek Bali Sebagai Warisan Budaya di Industri Fashion Dunia

By Grace Kencana Pranata, Senin, 18 Januari 2021 | 15:22 WIB
Dior Resmi Teken Kontrak Kain Endek Bali Sebagai Warisan Budaya di Industri Fashion Dunia (crfashionbook.co)

Stylo Indonesia - Kain tenun Endek Bali yang menjadi salah satu warisan wastra Nusantara yang sudah diakui banyak orang akan keindahannya.

Guratan motif yang tertuang dalam kain tenun Endek yang memiliki pola yang unik ini pun dilirik oleh merek rumah mode terkenal asal Perancis yaitu Christian Dior.

Dilansir Stylo Indonesia dari Kompas.com, kain tenun Endek Bali yang diproduksi oleh Kekean Wastra Gallery milik Achmad Nur Hasim yang buatannya telah diakui banyak pihak dari dalam maupun luar negeri ini berhasil mencuri brand fashion dunia untuk melakukan kolaborasi.

Awalnya Achmad Nur Hasim dikontak oleh atase perdagangan Indonesia di Paris untuk mengirimkan sampel produknya ke Christian Dior.

Baca Juga: Tak Hanya Dior, Rumah Mode Internasional Ini Juga Pernah Angkat Tema Etnik dengan Kain Indonesia!

“Setelah kirim produk ini, kami dapat balasan diberi sampel kain, kebetulan adalah Kain Endek Bali, diminta untuk buat persis dengan kualitas yang sama juga,” katanya.

Alhasil, Aam, sapaan akrab Achmad, pun menyanggupi dan mengirim kain sepanjang 600 meter (m) pesanan Dior.

Merasa puas dengan produk Aam, pihak Dior pun kembali memesan sepanjang 900 m, 1.380 m, 1.500 m, dan terakhir sepanjang 1.700 meter.

Baca Juga: Tanpa Sekolah Desain Busana, Yurita Puji Sukses Kembangkan Kain Wastra Indonesia Hingga Pamer ke Fashion Show Mancanegara