Intip Rahasia Perawatan Kecantikan Geisha Jepang Modern, Masih Pakai Cara Tradisional!

By Cerysa Nur Insani, Kamis, 14 Januari 2021 | 15:45 WIB
Intip Rahasia Perawatan Kecantikan Geisha Jepang Modern, Masih Pakai Cara Tradisional! (vogue.com)

Stylo Indonesia - Stylovers, apakah kamu sudah pernah mendengar istilah geisha sebelumnya?

Geisha (geiko dalam penyebutan aslinya) adalah seniman penghibur tradisional Jepang yang sangat umum pada abad ke-18 hingga 19 dan masih ada hingga sekarang meski jumlahnya tak banyak.

Ciri khas penampilan geisha sangat mencolok dengan pakaian dan tata rambut tradisional serta wajah yang dirias hingga berwarna putih dengan bibir merah menyala.

Di balik penampilannya ini, tentunya para geisha mempunyai rahasia mereka sendiri dalam merawat kecantikan kulit serta rambut mereka.

Dilansir dari Byrdie, inilah rahasia perawatan kecantikan geisha Jepang modern yang masih menggunakan cara tradisional.

Geisha telah diselimuti misteri sejak kemunculan pertama mereka di Jepang pada tahun 1800-an.

Terlatih dalam keterampilan musik, tarian, dan percakapan, para penghibur dan pembawa acara ini tampil anggun dan lentur seperti balerina, dan langsung dikenali dengan riasan panggung mereka yang memikat: kulit putih pucat, bibir merah, dan sanggul rumit yang disebut shimada.

Saat ini, masih ada ribuan geisha yang berlatih di kota Kyoto, Jepang, yang mengikuti ritual kecantikan tradisional dari generasi sebelumnya.

Baca Juga: Aneka Perawatan Kecantikan Untuk Mengecilkan Pori-pori Agar Wajah Mulus!

Vicky Tsai, pendiri Tatcha, sebuah brand perawatan kulit yang dibuat berdasarkan buku rahasia kecantikan geisha telah mempelajari banyak tentang hal ini.

“Hal yang luar biasa tentang geisha modern adalah mereka tidak mengubah apa yang mereka lakukan, mereka seperti kapsul waktu, masih sama seperti 300 tahun yang lalu dalam hal rutinitas kecantikan,” ungkapnya.

Bahan Perawatan Kulit

Di zaman dulu, tentunya tidak ada department store atau brand kecantikan, jadi untuk merawat kulit, mereka harus menggunakan apa yang mudah ditemukan.

Para geisha melakukan skincare DIY dengan cukup terampil, menggunakan bahan-bahan dari dapur mereka atau herbal lokal mereka dan mengikuti ajaran dari pengobatan tradisional Cina, yang baru saja memasuki Jepang pada masa itu.

Bahan-bahannya sangat sederhana, pada dasarnya hanya menggabungkan semua elemen makanan tradisional Jepang.

Makan malam tradisional Jepang pada umumnya termasuk sushi yang dibuat dengan nasi, rumput laut, dan ikan, disertai dengan teh hijau.

Dan pada dasarnya, itulah yang menjadi dasar dari seluruh ritual perawatan kulit mereka.