Stylo Indonesia - Stylovers, produk kecantikan pastinya menjadi barang yang tak bisa lepas dari keseharianmu saat ini.
Bukan hanya kamu saja lho, faktanya perempuan sudah menggunakan produk kecantikan sejak ratusan tahun yang lalu.
Merawat dan mempercantik diri dengan produk kecantikan rupanya sudah menjadi sesuatu yang dilakukan oleh kaum hawa sejak dulu.
Penasaran enggak sih, bagaimana bentuk produk kecantikan yang digunakan banyak orang di masa lalu? Kira-kira, sama enggak ya dengan produk kecantikan yang kita gunakan hari ini?
Baca Juga: Inilah 5 Nail Art Termahal di Dunia, Bertabur Emas dan Berlian Hingga 3,4 Milyar Cuma Buat Kuku!
Dilansir dari Racked, inilah bentuk produk kecantikan dari hampir 100 tahun yang lalu!
The Smithsonian National Museum of American History telah mengumpulkan produk kosmetik dan perawatan pribadi sejak tahun 1880-an, dimulai dari mengambil stok pada akhir 1970-an dari sebuah apotek keluarga yang bangkrut.
Dikumpulkan di Cosmetics and Personal Care Products pada bagian Medicine and Science Collections, sebagian besar barang-barang ini berasal dari pergantian abad ke-20.
Nilai historis dari artefak ini nyata, menurut Associate Curator Diane Wendt dan Research and Project Assistant Rachel Anderson.
Orang-orang telah lama peduli dengan kecantikan dan kesehatan, produk yang digunakan juga mencerminkan standar kecantikan pada masa itu.
Selain itu, sejarah produk kecantikan ini juga menunjukkan betapa banyak yang tidak berubah selama beberapa dekade dalam hal kecantikan.
Misalnya, selebritis telah menggunakan nama mereka pada produk-produk kecantikan sejak lebih dari 100 tahun yang lalu.
Baca Juga: Mirip dengan Fast Fashion, Simak Apa Itu Fast Beauty dan Dampaknya Terhadap Industri Kecantikan
Stylovers pastinya memperhatikan tren artis-artis yang memiliki brand kecantikan belakangan tahun ini, mulai dari artis mancanegara seperti Kylie Jenner hingga artis dalam negeri seperti Gisella Anastasia dengan Madame Gie.
Ternyata, hal ini telah berlangsung sejak pergantian abad lalu, ketika orang-orang ingin terlihat seperti aktor teater favorit mereka sehingga mulai dijual bedak wajah teater kepada orang-orang biasa untuk penggunaan sehari-hari.
"Bahkan para bintang teater di masa lalu memiliki produk yang terkait dengan nama mereka. Sekarang, kita kira setiap selebritis memiliki produk kecantikan, tapi sebenarnya itu ide dari jaman dulu," kata Wendt.
Produk kecantikan juga berkembang seiring dengan pilihan pakaian kita. Tengoklah pisau cukur berbentuk aneh yang ternyata dibuat untuk satu tujuan tertentu ini.
"Ini untuk mencukur ketiak, dan diproduksi saat perempuan mulai memperlihatkan ketiak mereka, saat gaun tanpa lengan mulai banyak dipakai di tahun 1920-an,” jelas Anderson.
Tren anti aging, bahwa perempuan selalu ingin terlihat lebih muda, ternyata juga sudah berlangsung sejak dulu.
Sebagai contoh, intip saja produk pembersih wajah berikut ini, Mineralava Beauty Clay yang memiliki klaim menjaga tampilan wajah tetap muda dengan slogan “Keeps Faces Young” pada kemasannya.
Baca Juga: Fakta Unik Tentang Lipstik Merah Paling Laris di Dunia, Tidak Sengaja Diciptakan, Malah Laris Manis!
"Salah satu yang konsisten pada seluruh koleksi kami adalah banyak produk menjanjikan untuk membuat Anda terlihat lebih muda," kata Anderson.
"Meski banyak hal lain yang mungkin berubah, anti aging adalah klaim yang sangat konsisten (pada produk-produk jaman lalu)," lanjutnya.
Nah, itu dia Stylovers bentuk produk kecantikan dari hampir 100 tahun yang lalu. Menarik, bukan? (*)