Pemicu Diabetes dan Penyakit Lain, Hati-hati dengan Pemanis Buatan Ini

By Novita Ibnati Awalia, Rabu, 2 Desember 2020 | 18:10 WIB
Pemanis buatan dapat menyebabkan diabetes (Freepik)

Stylo Indonesia - Zaman sekarang sangat mudah menemukan makanan dengan pemanis buatan.Salah satu dari pemanis buatan yang seringkali digunakan adalah sirup jagung.Dibandingkan dengan pemanis buatan lainnya, sirup jagung memiliki rasa yang lebih manis dan harganya lebih murah.

Namun, di balik keuntungan tersebut, risiko kesehatan dipertaruhkan para konsumen.Dilansir dari kompas.com, sirup jagung memiliki kadar fruktosa yang tinggi yang dapat menyebabkan berbagai penyakit serius.

Baca Juga: Jangan Lengah! Inilah 3 Gejala Penyakit Diabetes Pada PerempuanApa saja yang menghantui jika kita mengonsimsi fruktosa terus-menerus?

Memicu ObesitasBeberapa riset menunjukkan bahwa kadar fruktosa yang terlalu tinggi dapat memicu bertambahnya nafsu makan, jika berlebihan dapat memicu obesitas.

Orang yang terlalu banyak mengonsumsi fruktosa tidak sadar nafsu makannya bertambah, oleh karena itu sulit untuk mengontrol pola makan.

Resistensi InsulinResistensi insulin adalah kondisi ketika tubuh kita tidak mampu mengolah kadar gula darah dengan baik.

Dalam kata lain, insulin tidak diolah oleh tubuh, sehingga respon yang dilakukan tidak berjalan dengan baik.