Psikolog Ayoe Sutomo Soroti Eratnya Hubungan Psikologi dengan Semua Aspek Kehidupan

By Cerysa Nur Insani, Jumat, 20 November 2020 | 15:45 WIB
Psikolog Ayoe Sutomo Soroti Eratnya Hubungan Psikologi dengan Semua Aspek Kehidupan (www.instagram.com/ayoesutomo)

Stylo Indonesia - Siapa bilang kita hanya diizinkan untuk memiliki satu saja cita-cita atau pekerjaan impian?

Hal tersebut mungkin hanya mitos bagi Ayoe Sutomo, M.Psi., Psikolog yang setiap harinya menjalani berbagai peran berbeda.

Setiap harinya Ayoe Sutomo menjalankan perannya sebagai seorang psikolog klinis, presenter, entrepreneur, dan yang tak kalah penting, Ibu dari dua orang anak.

Namanya mungkin lebih dikenal sebagai seorang psikolog bidang anak, remaja, dan keluarga yang sudah tak asing menjadi pembicara di berbagai seminar dan narasumber di beberapa media.

Kesibukan utama Ayoe saat ini adalah berpraktik sebagai seorang psikolog klinis di TigaGenerasi, Pusat Informasi dan Konsultasi bagi orangtua serta keluarga.

Di masa pendidikannya di perguruan tinggi, Ayoe mengambil program major klinis anak dan program minor klinis dewasa di Jurusan Psikologi.

Sehingga saat ini ia secara khusus menangani kasus-kasus yang berkaitan dengan anak-anak, remaja, dan keluarga.

Sejak menyelesaikan pendidikan sarjana dan magisternya di Universitas Tarumanegara pada 2011, sudah hampir 9 tahun Ayoe menjalani profesinya sebagai seorang psikolog klinis.

Baca Juga: Kabar Gembira Untuk Satu Indonesia, Pemerintah Luncurkan Layanan Psikologi di Tengah Pandemi Virus Corona, Bagaimana Caranya?

Menjadi seorang psikolog rupanya sudah merupakan cita-cita Ayoe sejak kecil, yang awalnya hanya didasari oleh keinginan memiliki pekerjaan dengan waktu yang fleksibel.

“Kalau dulu ya, melihat gambarannya itu enak karena waktu lebih fleksibel. Boleh ngambil waktu praktik, boleh juga punya waktu yang bisa kita kelola sendiri kapan mau mengurus keluarga, kapan mau mengambil kepentingan untuk diri sendiri,” ujarnya mengawali cerita.

Namun, saat menjalani pendidikan Ayoe justru menyadari sebuah alasan yang membuatnya ingin mendalami ilmu psikologi mengenai anak dan keluarga.

Menurut Ayoe, keluarga memegang peranan penting dalam tumbuh kembang anak dari mulai belum dilahirkan hingga menjadi dewasa.

Topik ini tentunya sangat berkaitan erat dengan kehidupan sehari-hari setiap manusia.

“Ketika berbicara mengenai pembentukan jati diri individu, itu semua dimulai dari masa anak-anak. Jadi kalau bisa memahami psikologi anak, gimana anak dibesarkan, gimana seharusnya raising up children dengan baik, dan menggunakan kemampuan terbaik yang kita miliki, itu artinya sebenarnya kita bisa creating individu dewasa yang nantinya lebih sehat, lebih baik,”

“Dan ketika lebih banyak orang yang seperti itu artinya kan community juga jadi lebih bagus,” tukasnya.