Malang Fashion Week 2020 Sukses Diselenggarakan Secara Virtual dengan Tema ‘Enigmatic’

By Cerysa Nur Insani, Jumat, 13 November 2020 | 17:00 WIB
Malang Fashion Week 2020 Sukses Diselenggarakan Secara Virtual dengan Tema ‘Enigmatic’ (Dok. IFC)

Stylo Indonesia - Indonesian Fashion Chamber (IFC) Chapter Malang dengan sukses telah menyelenggarakan Virtual Malang Fashion Week 2020, yang merupakan event fashion terbesar di Malang Raya.

Kesempatan ini merupakan tahun ketiga penyelenggaraan Malang Fashion Week di Kota Malang.

Pada tahun-tahun sebelumnya, Malang Fashion Week sukses diselenggarakan dengan begitu megah dan spektakuler.

Namun, kondisi pandemi di tahun 2020 ini menantang penyelenggaraan Malang Fashion Week 2020 untuk tetap bisa terselenggara dengan baik secara virtual.

Baca Juga: Indonesia Fashion Week 2020 Siap Dilaksanakan dengan Konsep Virtual

Malang Fashion Week diadakan sebagai salah satu langkah untuk memajukan industri fashion di Indonesia, khususnya dari Kota Malang.

Selain itu, tentunya untuk mendukung program Pemerintah Kota Malang untuk mempertahankan dan memperkuat predikat Kota Malang sebagai kota kreatif di Indonesia yang berstandar global.

Karya busana hijab Kiki Mahendra yang ditampilkan di Virtual Malang Fashion Week 2020. (Dok. IFC)

Malang Fashion Week menjadi wahana bersama bagi para pelaku industri kreatif untuk berkolaborasi antar desainer, bersama para pengrajin dan UMKM, antara desainer muda dengan desainer senior, bahkan antara desainer lokal dengan desainer nasional dan internasional dalam mendesain dan menciptakan karya-karya luar biasa.

Virtual Malang Fashion Week 2020 kali ini mengangkat tema ‘Enigmatic’ yang bermakna sebagai sebuah ketidakpastian.

Karya Meysuga yang ditampilkan di Virtual Malang Fashion Week 2020 menggunakan unsur kain tradisional. (Dok. IFC)

Tema ini dipilih dan disesuaikan untuk merespon kondisi pandemi yang secara langsung mempengaruhi banyak desainer di bidang fashion.

Dengan tema ini, diharapkan para desainer tetap mampu beradaptasi melalui karya-karya yang mereka hasilkan selama masa ini.

Baca Juga: ISEF 2020 Menggandeng 10 Fashion Designer dan 4 Brand Aksesoris Pada Ajang Virtual Fashion Show Mercedes-Benz Fashion Week Russia

Selain itu, tema ini juga diharapkan dalpat memberikan semangat untuk bertahan dan bangkit sekaligus menerapkan prinsip sustainability untuk dapat mempertahankan kelangsungan hidup.

Tak hanya menampilkan karya dalam bentuk fashion show, Virtual Malang Fashion Week juga mengadakan webinar nasional  bertajuk ‘Fashion in New Normal Era’, IG Live Fashion Talk dengan desainer inspiratif, Lomba Fashion Illustration, dan Lomba Face Icon.

Virtual Malang Fashion Week 2020 menghadirkan 51 desainer lokal, nasional, hingga internasional yang berasal dari Malaysia dan Australia.

Ajang ini juga menampilkan 3 Guest Designers yaitu Ali Charisma yang juga menjabat sebagai National Chairman IFC dari Bali, Gregorius Vici dari Semarang, dan Azlan dari Kuala Lumpur, Malaysia.

Karya modest wear dari Yeti Topiah yang ditampilkan di Virtual Malang Fashion Week 2020. (Dok. IFC)

Ali Charisma juga turut menjadi salah satu dari tiga pembicara dalam webinar nasional “Fashion in New Normal Era” bersama Andien dan Anne Avantie.

Penyelenggaraan Virtual Malang Fashion Week 2020 diadakan selama 3 hari dengan tema berbeda yaitu Modest Wear pada 6 November 2020, Evening Wear pada 7 November 2020, dan Urban pada 8 November 2020.

Baca Juga: Maquinn Couture Pamerkan Batik Indonesia Hingga Tembus di Milan Fashion Week 2020

Karya para desainer yang berpartisipasi diperagakan oleh 20 model profesional melalui proses tapping video yang telah dilaksanakan pada Oktober lalu di Hotel Tugu dan lokasi heritage di Kota Malang.

Virtual Malang Fashion Week 2020 ditayangkan secara live streaming di channel Youtube Malang Fashion Week pada 6-8 November 2020 lalu pada pukul 13.00 WIB.

Nah, itu dia Stylovers penyelenggaraan Virtual Malang Fashion Week 2020 yang sukses diadakan secara virtual. Karya dalam negeri yang membanggakan! (*)