Beda Karakter, Inilah Ciri Khas Fashion Italia yang Sukses Jadikan Milan Sebagai Kota Mode di Eropa

By Cerysa Nur Insani, Senin, 9 November 2020 | 14:20 WIB
Beda Karakter, Inilah Ciri Khas Fashion Italia yang Sukses Jadikan Milan Sebagai Kota Mode di Eropa (businessoffashion.com)

Stylo Indonesia - Selain Kota Paris, Kota Milan di Italia juga tak kalah pamor dikenal sebagai kota mode terpopuler di benua Eropa.

Bukan tanpa alasan, Kota Milan diakui sebagai kota mode dengan kisah yang tak sepenuhnya sama dengan Kota Paris.

Kota Milan menjadi pusat mode fashion Italia yang memiliki karakteristik serta ciri khas tersendiri.

Tak heran fashion Italia semakin dikenal di seluruh penjuru Eropa hingga Amerika dan Kota Milan berhasil tumbuh sebagai kota mode tersendiri.

Dilansir dari fashion-history.lovetoknow.com, inilah ciri khas fashion Italia yang sukses jadikan Milan sebagai kota mode di Eropa.

Selama masa Renaisans, kota di Italia seperti Florence merupakan pusat inovasi mode. Namun, selama berabad-abad kemudian, Paris mendominasi dunia mode.

Tentu saja, fashion diproduksi di Italia selama waktu itu, tetapi biasanya merupakan turunan dari gaya Prancis.

Baca Juga: Maquinn Couture Pamerkan Batik Indonesia Hingga Tembus di Milan Fashion Week 2020

Baru sejak tahun 1950-an Italia mencapai identitas independennya sendiri sebagai sumber pakaian modis di seluruh dunia.

Pengaruh Gaya Italia

Munculnya "Gaya Italia" didasarkan pada sejarah yang penting, seperti keberadaan tradisi kerajinan tangan yang bagus dalam produksi tekstil, barang-barang kulit mewah, penjahitan berkualitas tinggi, dan perdagangan lain yang penting bagi sistem mode.

Tekstil dan pakaian artistik Mariano Fortuny terkenal secara internasional dalam beberapa dekade sebelum Perang Dunia II, begitu pula kain setelan wol pria luar biasa yang ditenun oleh Ermenegildo Zegna dan aksesori mewah yang dibuat oleh Ferragamo dan Gucci.

Namun sayangnya, saat itu Italia belum tampak di kancah mode internasional karena perancang busana Italia yang paling terkenal, Elsa Schiaparelli, berbasis di Paris.

Fashion Italia modern pertama kali menjadi terkenal di dunia internasional dengan rekonstruksi industri tekstil pasca-Perang Dunia II yang cepat dan kebangkitan produksi pakaian siap paka.

Bangkitnya fashion Italia pascaperang bukanlah kebetulan.

Sejumlah pabrik Italia, dengan dukungan pemerintah Italia, melakukan upaya sistematis untuk menciptakan industri mode berorientasi ekspor yang akan memainkan peran penting dalam rekonstruksi ekonomi pascaperang Italia.