Subsidi Gaji Rp 600 Ribu yang Ditunggu Justru Tak Kunjung Masuk Rekening? Ternyata Ini Biang Keladinya!

By Stylo Indonesia, Rabu, 2 September 2020 | 14:10 WIB
Subsidi Gaji Rp 600 Ribu yang Ditunggu Justru Tak Kunjung Masuk Rekening? Ternyata Ini Biang Keladinya! (Kompas.com/Totok Wijayanto)

Stylo.ID - Pandemi corona kini masih melanda di berbagai wilayah Indonesia.

Dengan adanya pandemi corona ini, tentu banyak sektor terutama ekonomi juga terdampak.

Oleh karena itu, pemerintah membuat kebijakan untuk membantu masyarakat Indonesia, salah satunya dengan adanya subsidi gaji Rp 600 ribu.

Menteri Ketenagakerjaan ( Menaker), Ida Fauziyah mengatakan sebanyak 2,5 juta pekerja menerima bantuan subsidi upah atau subsidi gaji karyawan pada tahap pertama dan tahap kedua akan disalurkan untuk 3 juta pekerja.

Ia menuturkan subsidi gaji Rp 600.000 bagi pekerja akan diserahkan secara bertahap kepada total 15,7 juta pekerja.

Baca Juga: Rekomendasi Body Lotion Minimarket untuk Kulit Kering dan Belang di Bawah 50 Ribu Rupiah

Menurut dia, setelah menerima data tahap kedua itu, pihaknya akan mengecek kembali kesesuaian datanya.

Setelah data sudah sesuai maka akan diserahkan ke Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara (KPPN) yang kemudian, subsidi gaji BPJS Ketenagakerjaan akan langsung digelontorkan ke bank penyalur dan ditransfer ke rekening pekerja.

Ida mengatakan belum semua mendapatkan subsidi gaji karyawan, BLT BPJS Ketenagakerjaan ini memang diberikan secara bertahap.

Targetnya pencairan BLT bantuan BPJS bisa tersalurkan ke seluruh penerima pada akhir September 2020.

"Jadi tidak langsung sebanyak 15,7 juta pekerja sasaran menerima langsung subsidi upah tersebut. BPJS Ketenagakerjaan juga membutuhkan validasi dan verifikasi data dan Kemenaker secara administrasi melihat kesesuaiannya," kata Ida dilansir dari Antara, Rabu (2/9/2020).

Menurut dia, selama terdaftar dalam kepesertaan BPJS Ketenagakerjaan dan memenuhi persyaratan, pasti akan menerima subsidi gaji Rp 600.000.