Suami Rahasiakan Jumlah Pendapatan dan Tabungannya? Ini yang Harus Kamu Lakukan!

By Stylo Indonesia, Rabu, 19 Agustus 2020 | 15:45 WIB
Suami Rahasiakan Jumlah Pendapatan dan Tabungannya? Ini yang Harus Kamu Lakukan! (www.freepik.com)

Stylo.ID - Belum lama ini sempat viral sebuah utas dari media sosial Twitter yang berkisah tentang kondisi keuangan suami istri dalam suatu rumah tangga.

Utas berjudul “Aku hanya orang lain yang kebetulan diurus suamiku” tersebut berkisah tentang seorang istri yang dinafkahi oleh suaminya selama 10 tahun tanpa tahu menahu jumlah pasti pendapatan sang suami.

Tak hanya itu, disebutkan pula ketidakterbukaan suami mengenai pemasukan dan pengeluaran pribadi suami secara finansial selama umur pernikahan mereka.

Menanggapi hal ini, psikolog anak dan keluarga Astrid WEN menyebutkan bahwa hubungan rumah tangga seharusnya didasari oleh keterbukaan terutama finansial.

Baca Juga: Terasa Nikmatnya Hingga Sepanjang Malam, Coba Lakukan Posisi Bercinta Favorit Ini Deh!

“Kalau dari kasus ini bisa dilihat komunikasi dan keterbukaan mengenai kondisi keuangan sangat kurang antara suami dan istri. Ini menjadi alasan seorang istri penting untuk dibekali pengetahuan tentang cashflow, untuk bisa memberikan bukti kebutuhannya pada suami,” tutur Astrid kepada Kompas.com, Minggu (9/8/2020).

Mengapa calon istri perlu memahami cashflow dalam rumah tangga?

Astrid menuturkan, ketika ada kasus seperti yang tengah viral, istri bisa memberikan bukti-bukti otentik pengeluarannya selama satu bulan.