Klaster Perkantoran Jadi Sorotan, Inilah yang Harus Dilakukan Untuk Cegah Penularan Covid-19 di Kantor, Jangan Anggap Remeh!

By Stylo Indonesia, Rabu, 29 Juli 2020 | 18:05 WIB
Klaster Perkantoran Jadi Sorotan, Inilah yang Harus Dilakukan Cegah Penularan Covid-19 di Kantor, Jangan Anggap Remeh! (Freepik.com)

Stylo.ID - Indonesia kini masih harus berjuang menekan penularan infeksi dari virus corona covid-19.

Usai diberlakukan era "new normal", klaster perkantoran penularan Covid-19 di Jakarta kini menjadi sorotan.

Data resmi hingga Selasa (28/7/2020) kemarin, ada 440 karyawan di 68 perkantoran di Ibu Kota yang terinfeksi virus corona covid-19.

Menurut pakar epidemiologi Universitas Indonesia Pandu Riono, jumlah itu diperkirakan lebih besar sebab banyak perkantoran yang tidak transparan soal kasus Covid-19 yang terjadi di lingkungannya.

Baca Juga: Cantiknya Naysilla Mirdad Pakai Dress Aksen Transparan Saat Hadiri Acara Lamaran Nikita Willy, Netizen: Kapan Nyusul?

Dengan adanya fenomena itu, para pegawai kantoran di Jakarta mesti ekstrawaspada.

Pandu menilai, ada beberapa tips yang bisa dilakukan para pegawai di kantor guna mengurangi potensi tertular Covid-19 dari rekan kerja.

"Kuncinya waspada. Jangan terlalu lama di kantor, jangan terlalu lama mengobrol di kantor. Pakai masker saat ngobrol. Ngobrol pun jarak jauh saja," kata Pandu ketika dihubungi pada Selasa.

"Orang itu seringkali begitu masuk kantor, bertemu dengan temannya, mereka melepas masker. Padahal tidak tahu kan mereka rumahnya di mana-mana saja," ujar dia.

Baca Juga: Hore! Menteri Keuangan Sri Mulyani Umumkan Kabar Gembira Bansos Covid-19 Akan Diperpanjang Hingga Desember, Catat Nominal dan Besarannya!

Sirkulasi udara buruk

Pandu menyebutkan, potensi paling rawan penularan virus corona terjadi ketika sirkulasi udara di ruangan kantor kurang berjalan lancar.