25 Tahun Berlalu, Ternyata Presiden Soeharto Pernah Prediksi Kondisi Indonesia Tahun 2020 dan Beri Peringatan Keras, Ada Apa?

By Stylo Indonesia, Sabtu, 30 Mei 2020 | 16:52 WIB
25 Tahun Berlalu, Ternyata Presiden Soeharto Pernah Prediksi Kondisi Indonesia Tahun 2020 dan Beri Peringatan Keras, Ada Apa? (Kompas.com)

Stylo.ID - Sosok Presiden Soeharto bukanlah orang asing bagi masyarakat Indonesia.

Beliau merupakan salah satu presiden dengan masa jabatan terlama di Indonesia sejak tahun 1967 hingga 1998.

Meski masa jabatannya sudah lewat 22 tahun yang lalu, namun sosok Soeharto selalu dikenang oleh masyarakat.

Baru-baru ini sebuah video Soeharto saat sedang berpidato viral di media sosial.

Diketahui, video tersebut diambil saat temu wicara Presiden Soeharto pada acara Pencanangan Gerakan Nasional Pelestarian dan Pengamalan Nilai Kepahlawanan di Surabaya, pada 23 November 1995 silam.

Baca Juga: Presiden Jokowi Umumkan New Normal di Tengah Pandemi, Beginilah Tatanan Kehidupan Baru di Tempat Kerja Saat Pandemi Corona

Kala itu, Soeharto mengatakan nantinya di tahun 2020 bangsa Indonesia akan menghadapi liberalisasi atau perdagangan bebas.

Terhitung pada saat itu, menurut Soeharto, Indonesia sebagai negara berkembang harus siap.

Anak-anak atau pelajar harus sudah dipersiapkan untuk mencintai Tanah Air.

Termasuk di dalamnya mencintai produk negeri.

"Maka hanya dengan mencintai tanah air, para remaja yang akan hidup di tahun 2020 akan menjadi benteng. untuk mempertahankan dari pada keberlangsungan hidup negara dan bangsa," ujarnya.

Lebih lanjut, Soeharto mengatakan, apabila pemuda lebih kesemsem dengan produk luar negeri, maka akan hancur sebuah negara.