Jadi Makanan Favorit Orang Indonesia, Makan Sayur Bayam dan Tempe Goreng Secara Bersamaan Justru Berbahaya! Begini Penjelasan dari Dokter

By Stylo Indonesia, Jumat, 15 Mei 2020 | 11:30 WIB
Jadi Makanan Favorit Orang Indonesia, Makan Sayur Bayam dan Tempe Goreng Secara Bersamaan Justru Berbahaya! Begini Penjelasan dari Dokter (jcomp)

Stylo.ID - Masakan rumahan khas Indonesia seperti sayur bayam dan tempe goreng tentu kerap kita temukan di meja makan.

Selain mudah dalam pengolahannya, bahan-bahan untuk mengolah sayur bayam dan tempe goreng juga murah dan mudah didapatkan.

Di warung makan atau warung tegal misalnya, sayur bayam dan tempe goreng biasa disajikan dan tak jarang dimakan bersamaan.

Kombinasi ini juga jadi favorit karena harganya yang terjangkau.

Baca Juga: Jangan Bermain Api dengan Tiga Zodiak Ini Jika Tidak Ingin Sakit Hati

Sayur bayam dan tempe sekilas memang terdengar seperti kombinasi makanan yang baik karena kaya serat dan protein nabati serta rendah kalori.

Tak banyak yang tahu, kombinasi ini ternyata tidak baik untuk kesehatan, loh!

dr Endang Budiati, salah satu Dokter Swasta di Bandar Lampung mengungkapkan ada suatu kandungan di dalam bayam dan tempe yang ternyata berbahaya bila dikonsumsi bersamaan.

"Bayam mengandung oksalat. Sedangkan tempe yang terbuat dari kacang kedelai mengandung kalsium," papar Endang seperti dikutip dari TribunLampung.

Baca Juga: Takut Kalap Belanja Karena THR Sudah di Depan Mata? Yuk Ikut Kelas Pintar Atur Uang Vol. 3: Cerdas Kelola Tunjangan Hari Raya

Oksalat dan kalsium ini lah yang apabila dicampurkan akan berbahaya bagi tubuh.

"Kalau makan sayur bayam dicampur dengan tempe akan terbentuk endapan kalsium oksalat sehingga akan mempengaruhi penyerapan kalsium dan menyebabkan sumbatan di usus," terangnya.