Ini Dia Cara Tepat Melindungi Kulit dari Paparan Radikal Bebas Menurut Dokter Kecantikan

By Cerysa Nur Insani, Selasa, 21 Januari 2020 | 15:23 WIB
Ini Dia Cara Tepat Melindungi Kulit dari Paparan Radikal Bebas Menurut Dokter Kecantikan (www.dermaconcepts.com)

Stylo.ID - Radikal bebas adalah molekul yang hanya mempunyai satu elektron dan akan menarik elektron dari molekul dalam tubuh sehingga dapat menyebabkan kerusakan sel.

Keadaan udara di Indonesia yang dipengaruhi oleh polusi, cuaca ekstrem, serta paparan sinar UV yang tinggi membuat kulit kita terpapar oleh radikal bebas setiap hari.

Paparan radikal bebas ini tentunya bisa memberikan pengaruh terhadap kulit yang merupakan organ terluar dari tubuh kita.

Baca Juga: 3 Pilihan Jenis Masker untuk Kulit Bruntusan, Jangan Sampai Salah Pakai!

Saat ditemui oleh Stylo.id, Dokter Kulit dan Kecantikan dr. Indah Widyasari, SpKK sempat berbagi informasi mengenai apa saja bahaya radikal bebas terhadap kulit serta bagaimana cara melindungi kulit dari paparan radikal bebas.

Menurut dr. Indah, paparan radikal bebas terhadap kulit dalam intensitas tinggi dapat menimbulkan sejumlah dampak pada kulit.

"Radikal bebas ini akan ke mana-mana efeknya dari merusak barrier kulit yang merupakan permukaan paling atas, produksi melanin berlebih, adanya dark spots atau pigmentasi yang tidak diinginkan, dan dapat merusak struktur kolagen," jelas dr. Indah.

Baca Juga: 3 Langkah Mudah Merawat dan Memudarkan Bekas Luka di Kulit Tubuh

Dr. Indah menjelaskan bahwa pengaruh buruk radikal bebas terhadap kulit bisa dicegah dengan melindungi kulit dengan perawatan.

Perawatan kulit perlu dimulai sedini mungkin dari langkah yang paling sederhana yaitu rajin membersihkan wajah dari debu, kotoran, minyak berlebih, dan makeup.

Tahap penting kedua adalah hidrasi, melembapkan kulit dengan mengoleskan pelembab sesuai dengan tipe kulit masing-masing.

Baca Juga: Rekomendasi Cleansing Water dengan Kandungan Khusus untuk Kulit Berjerawat