Berhasil Jadi Miss Universe 2019, Wanita Asal Afrika Selatan Zozibini Tunzi Patahkan Standar Kecantikan Wanita di Dunia!

By None, Sabtu, 28 Desember 2019 | 12:37 WIB
Break The Beauty Standard! Wanita asal Afrika Selatan, Zozibini Tunzi, berhasil memenangkan gelar sebagai Miss Universe 2019 (instagram.com/zozitunzi)

Stylo.ID - Standar kecantikan setiap negara di berbagai belahan dunia tentu berbeda-beda.

Hal ini dipengaruhi oleh perbedaan kepercayaan, kebudayaan, dan bagaimana perspektif masyarakat itu sendiri dalam mendefinisikan kata “cantik”.

Standar cantik yang ditetapkan masyarakat sering memberikan tekanan tersendiri bagi wanita.

Disadari atau tidak, sebagian besar wanita tentu akan berusaha untuk memenuhi standar tersebut.

Di Indonesia, kata cantik yang disematkan pada wanita sering kali identik dengan kriteria kulit putih, proporsi badan yang ideal atau langsing, hidung mancung, dan lain sebagainya.

Baca Juga: Jadi Miss Universe 2018, Inilah Gaya Feminin Catriona Gray yang Cocok Kamu Tiru!

Standar kecantikan terus berkembang dari waktu ke waktu, yang diikuti berbagai upaya untuk mencapainya. Mulai dari plastic surgery, filler, sulam alis, dan berbagai treatment kecantikan lainnya demi memenuhi keinginan wanita untuk mencapai standar tertentu.

Penampilan fisik masih dinilai sangat krusial oleh sebagian kalangan. Karena hal tersebut masih dipercaya sebagai salah satu cara untuk melakukan self branding dan menentukan value kita di masyarakat.

Namun saat ini, bagi sebagian wanita penampilan merupakan cara berkomunikasi dengan diri sendiri maupun orang lain. Sebuah media untuk mengekspresikan jati diri. Tidak lagi terjebak pada tren.

Baca Juga: Membanggakan! 4 Desainer ModestFFFund Pamerkan Karya Terbaik di Panggung Amsterdam Modest Fashion Week 2019

Hari ini, seorang wanita asal Afrika Selatan berhasil mengubah persepsi banyak kalangan mengenai standar kecantikan. Zozibini Tunzi, berhasil mengalahkan 89 kontestan dari berbagai negara dan memenangkan gelar sebagai Miss Universe 2019.

Zozibini Tunzi, wanita asal Afrika Selatan berhasil mengalahkan 89 kontestan dari berbagai negara dan memenangkan gelar sebagai Miss Universe 2019 (instagram.com/zozitunzi)

Hal ini membuktikan bahwa warna kulit seharusnya tidak menjadi suatu halangan untuk bisa meraih gelar juara dalam ajang bergengsi manapun.