Stylo Indonesia - Srikandi untuk Negeri, yuk mengenal lebih dekat dengan sosok Chitra Subyakto seorang desainer batik bergaya internasional.
Chitra Subyakto menjadi salah satu sosok Srikandi untuk Negeri karena sosoknya yang sudah lama dikenal du kancah mode Indonesia.
Sebagai informasi, Chitra Subyakto memulai kariernya sebagai fashion stylist dan juga sempat menjajal desainer kostum film.
Pada tahun 2014, Chitra mendirikan merk tekstil fashion bernama Sejauh Mata Memandang.
Merk lokal yang memiliki misi khusus untuk mengangkat kekayaan dan budaya lokal terutama batik dengan gaya internasional.
Berikut wawancara tim Stylo Indonesia dengan Creative Director Sejauh Mata Memandang, Chitra Subyakto.
#Srikandi untuk Negeri, Chitra Subyakto Sosok Desainer yang Angkat Batik Lokal Bergaya Internasional - Mencintai Proses
Hari Kamis (8/11/2018), Chitra melahirkan koleksi terbarunya yang bertajuk Timun Mas.
Pada konferensi pers, ia mengungkapkan banyak yang bertanya padanya kenapa Sejauh Mata Memandang memilih produksi buatan tangan.
"Kemarin ada beberapa pertanyaan kenapa pakai buatan tangan karena lama dan hasilnya ga sempurna, ga sama semuanya. Kalau saya pribadi sangat menyukai proses handmade," ujarnya ketika ditemui di Senayan City pada pameran Timun Mas.
Ia melanjutkan, Indonesia kuat bukan karena teknologi melainkan dari sumber daya manusianya. Chitra merasa sayang kalau industri tekstil berubah ke mesin, meski lebih cepat dan murah. "Kalau buatan tangan itu ada sejarahnya, ada proses, dan lebih dapet ceritanya," celetuk Chitra.
Baca Juga: Srikandi untuk Negeri, Kiky Handoko Bahagia Sukses Berkarier Sesuai Passion Menjadi Nail Artist
Dalam menyajikan koleksinya pun, Chitra tidak menggelar fashion show seperti desainer pada umumnya.
"Saya merasa sayang kalau fashion show kan hanya 20 meni misalnya, dan berlalu begitu saja. Kalau dengan pameran saya bisa menyampaikan maksud saya dan orang bisa merasakan karya saya lebih lama," jelasnya.
#Srikandi untuk Negeri, Chitra Subyakto Sosok Desainer yang Angkat Batik Lokal Bergaya Internasional - Mengadaptasi 2 Musim Indonesia
Biasanya, para desainer fashion meluncurkan koleksi terbarunya berdasarkan musim mode dunia, yakni Spring/Summer dan Fall/Winter.
Berbeda dengan yang lain, Sejauh Mata Memandang milik Chitra Subyakto ini mengadaptasi 2 musim di Indonesia.
"Musim di Indonesia kan ada 2, ada musim hujan yang diwakili dengan Rintik dan musim panas dengan Kemarau," ujarnya.
Dari kedua musim ini, Sejauh Mata Memandang pun fokus meluncurkan koleksi terbarunya 2 kali dalam setahun. (*)
StopBeautyShaming merupakan kampanye gerakan nyata dari Stylo Indonesia.
Stylo Indonesia adalah platform media & komunitas organik terlengkap mengenai dunia lifestyle, fashion dan beauty bagi dan seluruh perempuan Indonesia.
Cosmetic Day 2024 Resmi Ditutup dengan Transaksi Sebesar Rp215 Juta Hanya Dalam 4 Hari
KOMENTAR