Stylo Indonesia - Stylovers, sudah belanja semua kebutuhan Ramadan yang kamu perlukan?
Di bulan Ramadan terutama semakin mendekati Hari Raya Idul Fitri, ada lebih banyak kebutuhan yang harus dipenuhi, nih.
Mulai dari belanja bahan makanan, baju Lebaran, hingga hampers Ramadan untuk diberikan pada keluarga dan kerabat.
Pusat perbelanjaan yang disesaki masyarakat dan antrean yang mengular biasanya menjadi pemandangan yang tak asing di bulan Ramadan.
Namun, belakangan ini tren belanja dalam memenuhi kebutuhan di bulan Ramadan telah bergeser, lho!
Faktanya, e-commerce telah menjadi pilihan utama masyarakat dalam berbelanja kebutuhan Ramadan mereka.
Hal ini terungkap dalam riset yang dilakukan Grid Network pada Maret 2023 ini untuk mengukur kebiasaan masyarakat berbelanja di e-commerce pada saat Ramadan dan Idul Fitri.
Dari survei tersebut, terungkap bahwa e-commerce menjadi pilihan utama 89 persen responden sebagai platform pembelian produk kebutuhan Ramadan.
Di samping itu, kecenderungan berbelanja produk kebutuhan Ramadan di toko offline masih diminati sebesar 28 persen responden dan hanya sebesar 4 persen responden yang memilih berbelanja melalui media sosial.
Meningkatnya Kebutuhan Belanja di Bulan Ramadan
Baca Juga: Tren Baju Lebaran Paling Diburu dan Ide Hampers Lebaran 2023 dari Tokopedia
Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, kebutuhan masyarakat yang perlu dibelanjakan di bulan Ramadan selalu meningkat.
Tak heran, masyarakat juga mengalokasikan dana yang cukup besar dalam berbelanja kebutuhan di bulan Ramadan lho, Stylovers.
Sebesar 40 persen responden menghabiskan bujet sebesar 1 hingga 3 juta Rupiah untuk berbelanja kebutuhan Ramadan mereka di e-commerce.
Produk kebutuhan Ramadan yang paling banyak dibeli dengan bujet tersebut adalah makanan dan minuman, hampers, bingkisan, dan kue kering, serta produk fashion.
Nah, bagaimana denganmu, Stylovers? Kebutuhan apa saja yang sudah kamu belanjakan di e-commerce selama Ramadan ini?
Tokopedia Jadi e-Commerce Pilihan dengan Kualitas Produk Terjamin
Apakah kamu termasuk salah satu yang kini lebih memilih untuk berbelanja kebutuhan Ramadan di e-commerce, Stylovers?
Stylovers tentunya juga sudah tak asing dengan beberapa pilihan e-commerce yang banyak digunakan untuk berbelanja secara daring.
Namun dari segi kualitas produk, Tokopedia ternyata dinilai sebagai e-commerce dengan kualitas produk paling terjamin menurut penggunanya.
Dalam survei yang sama, 55 persen dari responden menilai Tokopedia lebih unggul dari segi kualitas produk yang ditawarkan, disusul Shopee (50 persen) dan Lazada (10 persen).
Baca Juga: Inspirasi Takjil Simple dan Menyehatkan, Jadi Favorit di Tokopedia!
Praktis dan Banyak Promo, Bikin Masyarakat Betah Belanja di e-Commerce
Bukan tanpa alasan, ternyata ada beberapa hal yang membuat masyarakat lebih memilih untuk belanja kebutuhan Ramadan di e-commerce, nih!
Faktor utama yang membuat e-commerce jadi pilihan tempat belanja kebutuhan Ramadan adalah karena praktis.
Tak bisa dipungkiri, e-commerce memang menawarkan proses belanja yang jauh lebih mudah.
Tinggal pilih produknya, bayar dengan pilihan metode pembayaran yang tersedia, dan tunggu barangnya sampai di rumah!
Banyaknya promo dan diskon yang ditawarkan menjadi alasan kedua yang membuat masyarakat betah belanja produk kebutuhan Ramadan mereka di e-commerce.
Setelah itu, harga yang murah, banyaknya pilihan produk, hingga bisa menghemat waktu menempati alasan berikutnya yang membuat e-commerce menjadi tempat belanja pilihan masyarakat.
Nah, bagi Stylovers yang juga sering berbelanja di e-commerce, setuju atau enggak nih dengan alasan-alasan di atas?
Semakin mendekati hari Lebaran, coba cek lagi keranjang belanja kamu di e-commerce, siapa tahu masih ada kebutuhan Ramadan yang belum kamu check out! Jangan sampai lupa ya, Stylovers! (*)
StopBeautyShaming merupakan kampanye gerakan nyata dari Stylo Indonesia.
Stylo Indonesia adalah platform media & komunitas organik terlengkap mengenai dunia lifestyle, fashion dan beauty bagi dan seluruh perempuan Indonesia.
KOMENTAR