Stylo Indonesia – Program Jagoan Lokal #Cantikpreneurship yang diadakan oleh Sekar Pelangi Foundation (SPF) bersama KG Media sukses menggandeng 500 perempuan pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) dari seluruh Indonesia.
Melalui rangkaian acara bertajuk "SPF Mencari Jagoan Lokal Cantik", program ini memberi peluang bagi pelaku UMKM Cantik—sebutan untuk perempuan pelaku UMKM di bidang kecantikan—untuk meningkatkan kemampuan berbisnis, mulai dari strategi bisnis, promosi, hingga pengembangan diri.
Sebagai informasi, program Jagoan Lokal #Cantikpreneurship dibuka dengan agenda Kick Off and Networking pada Rabu (9/2/2023).
"Program kolaborasi ini merupakan bentuk dukungan dari pertumbuhan womenpreneur yang merupakan pemain penting dalam dunia usaha di Indonesia," ujar Chief Marketing Office (CMO) KG Media Dian Gemiano dalam sambutannya, dikutip dari Kompas.com, Senin (13/2/2023).
Sementara itu, Founder SPF dan MS Glow Shandy Purnamasari berharap, Jagoan Lokal #Cantikpreneurship dapat mendorong perempuan untuk lebih percaya diri dalam menghadapi berbagai tantangan di dunia bisnis.
"Melalui SPF Jagoan Lokal #Cantikpreneurship, kami ingin menciptakan satu juta womenpreneur dalam 10 tahun ke depan. Kami ingin menunjukkan bahwa womenpreneur punya value dan bisa mendorong perekonomian, serta berkontribusi untuk Indonesia," kata Shandy.
Adakan program bootcamp bersama para ahli
Setelah Kick Off and Networking, selanjutnya program Jagoan Lokal #Cantikpreneurship menggelar rangkaian bootcamp. Mengusung tema “Cantik Kits”, kegiatan dilaksanakan dalam tiga sesi yang mengusung topik Sales, Profit, dan Fearless Treatment (SPF Treatment).
Sebagai informasi, Bootcamp SPF Treatment dilaksanakan dalam tiga sesi yang diikuti oleh 30 UMKM Cantik terpilih. Masing-masing sesi menghadirkan pembicara yang ahli di bidangnya.
Sesi pertama digelar pada Selasa (21/2/2023). Pada sesi ini, para UMKM Cantik menerima coaching clinic dengan tema Sales Treatment dari co-founder Krealogi, Hanna Keraf.
Dalam pemaparannya, Hanna menekankan pentingnya memiliki kemampuan manajemen keuangan yang baik. Dengan begitu, pelaku usaha dapat menentukan proyeksi usaha ke depan, mengukur laba dan rugi, ongkos produksi, dan mencari target pasar yang sesuai dengan produk yang dijual.
“Jika sudah memberikan keuntungan, Anda bisa mengembangkan usaha. Namun, jika masih ada kerugian, berarti ada hal yang harus dievaluasi dan diperbaiki, mulai mengganti produk secara keseluruhan hingga berinovasi. Pelaku bisnis harus bisa cari celah kesalahannya,” ujar Hanna.
Sedangkan pada sesi kedua, SPF Treatment menghadirkan co-founder Ladang Lima, Annisa Pratiwi. Sesi yang digelar Jumat (24/2/2023) tersebut membahas tentang tips seputar membangun brand awareness serta memanfaatkan platform digital sebagai media promosi dan berjualan.
"Membangun brand itu tidak bisa sembarangan. Anda harus kenali dulu siapa target dan segmen produk, bagaimana perilaku pembeli, dan cara apa yang dapat dilakukan untuk mempromosikan produk lewat platform digital,” imbuh Annisa.
Lebih lanjut Annisa menambahkan, jika produk yang dijual sudah banyak di pasaran, pelaku UMKM harus bisa mempromosikan keunggulan brand. Dengan begitu, ada nilai tambah yang membedakan produk tersebut dengan produk brand lain.
Sesi terakhir Bootcamp SPF Treatment digelar pada Selasa (28/2/2023). Sesi ini mengangkat tema Fearless Treatment dengan mengundang Founder Womanpreneur Community Irma Sustika.
“Menjadi womenpreneur itu harus berani menghadapi banyak hal, mulai dari belajar banyak hal baru, berinovasi, hingga menerima kritik. Kalian juga harus berani melakukan inovasi, beradaptasi, dan mencari peluang,” ujar Irma.
Menurut Irma, kemampuan dan kemandirian ekonomi menjadi hal wajib yang dimiliki oleh perempuan. Jadi, saat ekonomi keluarga terguncang, perempuan dapat menjadi penopang ekonomi keluarga.
Fase penilaian bertabur hadiah
Untuk mendorong semangat para UMKM Cantik dalam mengikuti program Jagoan Lokal #Cantikpreneurship, para peserta bootcamp diberikan assignment dari para pembicara. Assignment yang dikerjakan akan masuk ke dalam poin penilaian peserta.
Dua belas peserta dengan poin penilaian tertinggi akan masuk ke fase Final and Awarding yang akan diadakan pada 15 Maret 2023. Peserta yang lolos ke fase tersebut berkesempatan untuk merepresentasikan bisnis mereka di hadapan pembicara bootcamp.
Kamu juga dapat memberikan dukungan kepada UMKM Cantik favoritmu agar lolos ke fase selanjutnya dengan melakukan voting melalui tautan www.kitabangkit.id/cantikpreneurship.
Sebagai bentuk apresiasi, SPF Treatment dan KG Media telah mempersiapkan total hadiah Rp 93,5 juta untuk kategori 3 Jagoan Lokal Cantik dan 3 Jagoan Lokal Terfavorit. Juara untuk dua kategori tersebut juga berkesempatan untuk melakukan kolaborasi bisnis dengan SPF.
Selain itu, UMKM Cantik yang masuk ke kategori 9 Jagoan Lokal Cantik akan mendapatkan dana untuk mempromosikan brand mereka di situs Pasangiklan.com.
Meski program Jagoan Lokal #Cantikpreneurship segera berakhir, program ini diharapkan dapat memberi dampak positif bagi komunitas perempuan pelaku UMKM agar lebih maju. Terlebih, peluang UMKM di Indonesia semakin terbuka lebar berkat kemajuan teknologi dan dunia digital.
KOMENTAR