Stylo Indonesia - Hai Stylovers, kita kembali berjumpa di bulan Ramadan kali ini dengan liputan khusus Ramadan Cuan dari Stylo Indonesia.
Di Ramadan tahun ini, Stylo Indonesia mengusung tema Ramadan Cuan, liputan khusus yang menghadirkan cerita dan inspirasi dari para penggiat bisnis lokal di Indonesia.
Ramadan Cuan ini bertujuan untuk memberikan inspirasi, tips, dan insight tentang bagaimana memanfaatkan momen Ramadan sebagai peluang untuk menambah cuan dalam berbisnis.
Tren berbelanja online lewat marketplace kini membuka banyak peluang besar bagi para pengusaha lokal atau UMKM mendapatkan banyak pembeli.
Kali ini Annabel selaku Merchant Education Lead Tokopedia menjelaskan mengenai tips berjualan di marketplace agar laris selama bulan Ramadan.
Sebelumnya Annabel membocorkan bahwa di Tokopedia terdapat tiga kategori produk yang diminati selama Ramadan 2021 yaitu fashion, kesehatan dan perawatan tubuh, dan perlengkapan rumah tangga.
“Khusus untuk kategori fashion muslim, transaksi kategori ini meningkat hampir empat kali lipat pada bulan Ramadan 2021 dibandingkan rata-rata bulanan 2021,” jelas Annabel.
“Hal lainnya yang menarik di Eamadan 2021 adalah transaksi parsel yang melonjak lebih dari tiga kali lipat selama kampanye Parsel Ramadan Tokopedia berlangsung,” lanjutnya.
Insight ini bisa menjadi inspirasi bagi Stylovers yang sedang mencari produk yang pas dijual di bulan Ramadan ini.
Baca Juga: Ramadan Cuan: Promo Bahan Makanan, GrabFood, dan ShopeeFood yang Bikin Makin Hemat!
Annabel menyarankan untuk berjualan produk seperti kue kering, hijab dan perlengkapan ibadah, serta pengharum aromaterapi ruangan yang memang banyak diminati.
Selain itu, Annabel juga berbagi tips agar berjualan di marketplace auto cuan.
Tak hanya di momen Ramadan ini, tapi juga mempertahankan penjualan agar toko tetap laris setelah melewati masa Ramadan.
“Tipsnya untuk yang pertama, rasio jumlah produk dalam toko antara produk Ramadan dan non Ramadan harus seimbang,” pesan Annabel.
“Teman-teman UMKM dapat menganggap Ramadan ini sebagai umpan yang bisa Anda gunakan agar toko semakin dikenal,” sambungnya.
Annabel juga mengingatkan bahwa pelayanan yang baik dan konsisten akan membuat pembeli senang berbelanja di toko kita.
“Jika pelayanan yang diberikan selama Ramadan dan setelah Ramadan tetap konsisten maka saya pun yakin pengalaman berbelanja customer pasti akan berkesan,” ujarnya.
Selain itu, untuk meningkatkan penjualan Stylovers tentunya juga perlu untuk menjaga kualitas produk yang dijual.
Tak lupa, Annabel juga mengingatkan untuk selalu melakukan follow up pada pembeli, kemudian harus gerak cepat atau fast respond dalam membalas chat dan permintaan pembeli.
Baca Juga: Ramadan Cuan dari Bisnis Masakan Rumahan ala Bogor, Ini Kisah Devi Maharani Pemilik Dapur Cihuuyy
Terakhir, tentu saja sebagai pedagang harus kreatif dalam memberikan penawaran menarik dalam toko untuk menarik pembeli.
Annabel mengingatkan, setelah Ramadan selesai jangan lupa juga untuk rajin mengecek tren agar tidak tertinggal dengan update atau permintaan pasar dan selalu menjadi toko yang relevan dengan permintaan pasar.
“Teman-teman dapat memeriksa performa toko selama Ramadan agar mengetahui apa yang perlu ditingkatkan untuk ke depannya lebih baik lagi,” pesan Annabel.
Nah, itu dia Stylovers tips jualan di marketplace agar laris selama Ramadan dan seterusnya.
Ingin tahu lebih banyak tips Ramadan Cuan? Simak wawancara lengkapnya bersama Annabel di channel Youtube Stylo Indonesia, ya! (*)
#RamadanCuan
Baca Juga: Ramadan Cuan: Inspirasi Usaha Takjil Hingga Bisnis Hijab, Datangkan Untung Berlipat!
StopBeautyShaming merupakan kampanye gerakan nyata dari Stylo Indonesia.
Stylo Indonesia adalah platform media & komunitas organik terlengkap mengenai dunia lifestyle, fashion dan beauty bagi dan seluruh perempuan Indonesia.
Rayakan Ulang Tahun ke-20, FIORI Luncurkan Crop Top, Celana Kulot, dan Hijab Edisi Spesial
KOMENTAR