Baru Lepas Skincare Racikan Dokter? Ini Tips Selanjutnya agar Kulitmu Nggak Breakout!

By Stylo Writer, Kamis, 26 September 2024 | 18:00 WIB
Ilustrasi foto skincare racikan dokter (freepik.com)

Stylo Indonesia - Bingung pakai skincare biasa setelah lama menggunakan racikan dokter?

Jangan khawatir! Banyak yang merasa cemas saat harus meninggalkan skincare racikan dokter karena takut kulitnya "berontak" alias breakout.

Seorang dokter kecantikan, Dr. Giovanni Mustopo membagikan tips penting setelah penggunaan skincare raikan dokter melalui akun Instagram-nya @belajarskincare.yuk.

Menurutnya, berhenti memakai skincare racikan dokter nggak boleh sembarangan.

Ada beberapa hal yang harus kamu pahami sebelum kembali menggunakan skincare biasa.

Baca Juga: Racikan Handbody Pemutih yang Aman dan Bagus Pakai Bahan Alami

Jangan Lepas Tiba-Tiba, Pelajari Kandungannya

“Kalau mau lepas skincare racikan dokter, nggak boleh tiba-tiba. Harus tahu dulu kandungan apa saja yang ada dalam skincare tersebut,” ujar Dr. Giovanni.

Ini penting karena kandungan aktif di skincare racikan dokter sering kali lebih kuat, dan jika dihentikan mendadak, kulit bisa mengalami reaksi seperti breakout atau kemerahan.

Setelah memastikan kulitmu sudah bersih dari masalah seperti jerawat atau hiperpigmentasi, mulailah dengan basic skincare.

"Kalau memang sudah clear semua, skincare yang kamu pakai adalah basic skincare dulu: pelembap, face wash, dan sunscreen,” lanjutnya.

Tiga produk ini wajib banget ada dalam rutinitasmu, apapun kondisi kulitmu. Pilih produk yang lembut dan menenangkan kulit.