Mudah Engga Perlu ke Salon, Ini 7 Cara Melembutkan Rambut Ala Pemula!

By Stylo Writer, Rabu, 7 Agustus 2024 | 07:00 WIB
Mudah Engga Perlu ke Salon, Ini 7 Cara Melembutkan Rambut Ala Pemula! (freepik)

 

Stylo Indonesia - Rusaknya kutikula dan hilangnya minyak alami rambut adalah alasan utama kenapa rambut bisa kering dan kaku.

Melansir dari Evergreenbeauty.edu, kutikula adalah lapisan terluar dari rambut dan terdiri dari banyak sisik kecil yang berbeda.

Kutikula rambut biasanya tertutup, tetapi hal-hal seperti bahan kimia dalam pewarna rambut, air panas, terlalu banyak kelembapan, angin, dan cuaca dingin atau panas terkadang dapat menyebabkan kutikula rambut terbuka, sehingga rambut lebih rentan terhadap kerusakan seperti rambut kering, kaku, patah, dan kusut.

Beragam Cara Melembutkan Rambut

Ada berbagai kebiasaan sehari-hari yang bisa Stylovers terapkan sebagai cara melembutkan rambut, simak yang sudah dirangkum oleh alodokter:

1. Memilih sampo yang tepat

Langkah awal melembutkan rambut adalah dengan memilih sampo sesuai jenis rambut. Stylovers disarankan untuk memilih sampo berlabel ‘bebas sulfat’ atau ‘bebas detergen’ dan memiliki kandungan dimethicone.

Kandungan sulfat memang bisa membuang kotoran dan minyak berlebih pada rambut. Namun, zat tersebut juga dapat membuat rambut menjadi rusak dan menyumbat pori.

2. Perhatikan frekuensi keramas

Sampo memang diformulasikan untuk membersihkan kelebihan minyak di kulit kepala. Namun, jika digunakan setiap hari, sampo dapat menghilangkan minyak alami rambut sehingga rambut menjadi tampak kusam, kering, dan rapuh.

Untuk jenis rambut normal, keramas seminggu dua kali sebenarnya sudah bisa menjaga kebersihan rambut. Jika rambut cenderung berminyak dan lepek, Stylovers disarankan untuk mencuci rambut setiap 1 atau 2 hari.

Seberapa sering Kamu mencuci rambut juga dapat dilihat dari beberapa faktor. Misalnya, paparan polusi, aktivitas yang dilakukan, dan kondisi cuaca.

3. Gunakan kondisioner

Setelah keramas, usapkan kondisioner ke rambut hingga merata dan diamkan selama beberapa menit agar menyerap ke dalam batang rambut dan melembutkan tiap helainya.

Selain melembutkan rambut, kondisioner juga dapat mengurangi terbentuknya rambut bercabang dan kerusakan rambut akibat cuaca panas atau paparan sinar matahari.

4. Gunakan masker rambut

Mudah Engga Perlu ke Salon, Ini 7 Cara Melembutkan Rambut Ala Pemula! (Freepik.com)