Mulai dari Penipisan Rambut bahkan Jerawat, Ternyata Ini Ciri PCOS pada Wanita

By Stylo Writer, Rabu, 19 Juni 2024 | 20:30 WIB
Penyebab Sindrom Polikistik Ovarium (PCOS) (Domepitipat)

Stylo Indonesia - Gangguan ovarium tak hanya dialami oleh perempuan yang berusia lanjut saja lhosebab wanita di usia subur juga bisa mengalaminya.

Gangguan ovarium ini tentunya dapat disebabkan oleh suatu kondisi, salah satunya sindrom polikistik ovarium (polycystic ovary syndrome/PCOS).

Sindrom polikistik ovarium sendiri merupakan kondisi terganggunya fungsi ovarium pada wanita yang berada di usia subur. Kondisi ini akan membuat hormon wanita yang mengidap PCOS jadi tak seimbang, karena hal-hal yang tidak diketahui.

Ada tanda-tanda awal yang bisa mengindikasi seorang wanita mengidap sindrom ini. Pertama, meningkatkan kadar hormon pria (androgen) dalam tubuh. Kedua, munculnya banyak kista (kantor berisi cairan). 

Penyebab Sindrom Polikistik Ovarium (PCOS)

Hingga saat ini penyebab sindrom polikistik ovarium belum ada yang mengetahuinya secara pasti.

Namun, ada beberapa hal yang dapat meningkatkan seseorang mengalami penyakit ini, melansir halodoc:

1. Memiliki hormon insulin berlebih

Melansir  jurnal Fertility and Sterility dengan judul All Women With PCOS Should Be Treated For Insulin Resistance, hampir 70 persen wanita yang mengalami PCOS mengalami resistensi insulin. 

Insulin merupakan hormon yang bertugas untuk mengatur karbohidrat yang masuk ke dalam tubuh untuk dijadikan energi. Banyak wanita dengan PCOS ditemukan mengalami resistensi insulin.

Ini berarti tubuh tidak bisa menggunakan hormon tersebut dengan baik.

Akibatnya, kadar insulin menumpuk di dalam tubuh dan hal itu bisa menyebabkan kadar androgen lebih tinggi.

Obesitas juga bisa meningkatkan kadar insulin dan memperburuk gejala sindrom ini.

2. Faktor genetik

PCOS adalah penyakit yang juga bisa menurun dalam keluarga. Jadi, bila seseorang memiliki ibu atau saudara perempuan yang mengidap sindrom ini, ia pun bisa mengalaminya.