Pantesan Malah Jadi Hitam Legam, Ini Bahaya Sering Mencabut Bulu Ketiak

By Stylo Writer, Jumat, 7 Juni 2024 | 21:30 WIB
Pantesan Malah Jadi Hitam Legam, Ini Bahaya Sering Mencabut Bulu Ketiak (Freepik.com)

Stylo Indonesia  - Rambut ketiak atau 'bulu ketek' adalah hal normal yang tumbuh di bawah ketiak.

Untuk beberapa alasan kamu mungkin lebih memilih memangkas habis bulu-bulu tersebut, misalnya agar terlihat lebih bersih dan cantik.Tidak ada yang salah dengan mencukur bulu ketiak. Tapi sebelum memangkas habis bulu tersebut, ada baiknya kamu mengetahui apa saja manfaat bulu ketiak ini.Ada beberapa manfaat bulu ketiak, salah satunya bagi para atlet, bulu ketiak bisa membantu menyerap semua keringat.

Hal ini berpotensi menjauhkan bakteri penyebab bau dari kulit yang menyebabkan bau badan.

Salah satu fungsi bulu ketiak adalah mengeluarkan bau yang mengandung feromon. Ini adalah bahan kimia alami untuk mengeluarkan daya tarik seksual.

Saat kamu membiarkan bulu ketiak, bau feromon akan terikat karena kelembapan menempel pada rambut.

Hal ini membuat feromon lebih kuat sehingga dapat menjadi daya tarik seksual untuk lawan jenis.

Tapi, tahu enggak sih ternyata bulu ketiak tidak boleh dicukur! Ini dia bahaya mencabut bulu ketiak menurut hellosehat.com  

1. Iritasi kulit

Salah satu efek mencabut bulu ketiak yang paling sering dialami yaitu iritasi pada kulit ketiak. 

Bagaimana tidak, mencabut bulu halus dari akar satu persatu bukan perkara yang mudah, terutama bagi kamu yang belum pernah melakukannya.  

Cara menghilangkan bulu ini akan terasa sakit yang menyengat menyerupai sengatan lebah. Bahkan, rasa sakit tersebut bisa disertai dengan iritasi dan kemerahan di sekitarnya. 

Bila dibiarkan, luka yang tak terlihat itu dapat meningkatkan risiko penyakit lain. Pasalnya, luka yang terbuka ini berisiko terpapar bahan kimia dari sabun, losion, atau deodoran, yang terserap tubuh. 

2. Bulu tumbuh ke dalam (ingrown hair)

Ingrown hair merupakan kondisi ketika rambut atau bulu tumbuh ke dalam kulit, bukannya ke luar. Masalah kulit ini dapat disebabkan oleh berbagai hal dan salah satunya adalah mencabut bulu ketiak. 

Bila dibiarkan, bulu yang tumbuh ke dalam dapat memicu kerusakan pada lesi kulit. Akibatnya, ketiak kamu akan memerah, bengkak, terasa gatal, dan mengalami infeksi.

Meski mengganggu, efek dari mencabut bulu ketiak ini dapat dicegah dengan mencari alternatif menghilangkan bulu ketiak yang lebih aman. 

3. Folikulitis

Folikulitis adalah masalah kulit yang terjadi akibat peradangan pada folikel rambut. Hal ini biasanya disebabkan oleh infeksi bakteri atau jamur. Lantas, apa hubungannya dengan bulu ketiak? 

Folikel merupakan bagian kulit yang menjadi tempat pertumbuhan bulu atau rambut halus. Bagian kulit ini dapat meradang ketika bulu atau rambut halus dicabut secara paksa.