Apasih Pentingnya Double Cleansing di Makeup Waterproof? Ternyata Ini Faktanya

By Stylo Writer, Selasa, 4 Juni 2024 | 08:30 WIB
Manfaat Double Cleansing (beminimalist.co)

Stylo Indonesia - Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, double cleansing bisa diartikan sebagai teknik membersihkan wajah dengan memakai dua produk pembersih wajah yang berbeda.

Terdiri dari dua tahap, pertama, kamu disarankan membersihkan wajah menggunakan pembersih wajah yang berbahan dasar minyak (oil based).

Bahan-bahan tersebut mampu mengangkat kotoran serta sisa kulit mati di permukaan kulit dan pori-pori. Beberapa produk pembersih wajah yang bisa kamu gunakan untuk tahap pertama ini antara lain, oil cleanser, micellar water, milk cleanser, dan cleansing balm.

Setelah membersihkan wajah dengan produk berbasis minyak, kamu bisa membersihkan wajah menggunakan facial wash yang umumnya berbasis air.

Pada tahap ini, biasanya kotoran sudah bisa dibersihkan dengan air, misalnya debu serta sisa-sisa minyak dan keringat yang menempel di kulit.

Tentu saja, kamu harus memakai facial wash yang sesuai dengan jenis kulit wajahmu.

Selain itu, pilih formula yang lembut dan hypo-allergenic agar tidak menyebabkan kulit menjadi kering dan iritasi.

Manfaat Double Cleansing

Pentingnya double cleansing dalam rutinitas perawatan kulit terbukti memberikan sejumlah manfaat yang signifikan, simak rangkuman dari wardahbeauty.com:

1. Mengangkat make up waterproof

Tahap pertama double cleansing adalah penggunaan pembersih berbasis minyak atau micellar water. 

Pembersih ini dirancang untuk efektif melarutkan make up, terutama jenis yang tahan air atau sulit dihilangkan.

Kandungan minyak pada pembersih ini bisa dengan lembut mengangkat lapisan make up waterproof dan sisa tabir surya yang seringkali menjadi penyebab tersumbatnya pori-pori.

2. Menjaga kelembapan kulit

Di samping mengangkat make up waterproof, pembersih berbasis minyak juga bermanfaat menjaga kelembapan kulit, lho, Stylovers.