Penyebab Rambut Kemaluan Beruban, Hati-hati Karena Serangga?

By Stylo Writer, Kamis, 30 Mei 2024 | 20:45 WIB
Penyebab Rambut Kemaluan Beruban, Hati-hati Karena Serangga? (istockphoto.com)

Stylo Indonesia - Pernahkah Stylovers mengalami kondisi gatal-gatal di area kemaluan?

Bukan hanya gatal biasa, rambut kemaluan bisa terasa sangat gatal atau mungkin malah berubah warna menjadi beruban.

Stylovers harus tahu apa penyebab rambut kemaluan bisa beruban. 

Rambut uban identik dengan rambut yang ada di kepala. Hal ini pada umumnya terjadi akibat proses penuaan alami. 

Tapi, ternyata berbeda dengan rambut kemaluan. ini dia berbagai penyebab rambut kemaluan beruban:1. Kekurangan vitamin B12

Rambut kemaluan beruban di usia muda dapat menandakan salah satu gejala anemia pernisiosa, yang disebabkan oleh kurangnya asupan vitamin B12. Rambut mendapatkan warna alaminya dari sebuah pigmen yang disebut melanin.

Pigmen melanin ini diproduksi oleh sel melanosit di dalam folikel rambut untuk memberikan warna pada rambut yang akan tumbuh.

Defisiensi vitamin B-12 menyebabkan tubuh tidak bisa menghasilkan cukup sel darah merah.

Secara tidak langsung, ini akan berdampak pada produksi melanin. Aliran darah segar yang beroksigen dibutuhkan oleh folikel rambut untuk merangsang pertumbuhan rambut yang sehat. 2. Merokok

Rokok dapat menyebabkan penuaan dini. Penelitian dari Jordan University Hospital tahun 2013 dalam Indian Dermatology Journal Online mengungkapkan bahwa merokok bisa menghambat produksi melanin.

Akibatnya, munculnya uban pada rambut kemaluan pada orang-orang berusia muda.

Perokok bahkan berisiko dua hingga empat kali lipat lebih cepat mengalami rambut kemaluan beruban di usia muda daripada mereka yang tidak merokok. 3. VitiligoRambut kemaluan yang memutih bisa menjadi pertanda vitiligo. Kondisi autoimun ini menyebabkan warna kulit seseorang tidak merata karena kehilangan pigmen, bahkan rambut pun ikut beruban — termasuk rambut kemaluan. Vitiligo adalah kondisi seumur hidup, tapi biasanya gejala vitiligo memang baru pertama kali muncul saat dewasa. Yaitu sekitar usia 20 atau 30-an. 4. Infeksi jamur White PideraInfeksi White Pidera disebabkan oleh spesies jamur Trichosporon asahii yang menyerang rambut.