Moscow Fashion Week Hadirkan 2000 Koleksi Busana Dari 120 Fashion Desainer Dunia

By Ridho Nugroho, Selasa, 12 Maret 2024 | 13:55 WIB
Moscow Fashion Week 2024 di Menage Moscow Rusia pada 1 - 8 Maret 2024 (Ridho Nugroho)

Stylo Indonesia - Idho Nugroho, M.I.Kom, selaku Founder dan Pemimpin Redaksi Stylo Indonesia melaporkan langsung dari Manege Moscow Central Exhibition Hall, Manezhnaya Square 1, Rusia, pada 1 - 6 Maret 2024 untuk ajang Moscow Fashion Week

Moscow Fashion Week mungkin masih terdengar asing di sebagian telinga para pencinta fashion maupun para fashionista dunia. Seperti yang mungkin saja dirasakan oleh Stylo Indonesia ketika menerima undangan resmi dari Cultural Fashion Fund Rusia pada 1 Desember 2023 lalu.

Namun, perasaan itu sekejap sirna ketika Stylo Indonesia akhirnya berkesempatan langsung hadir mengunjungi sekaligus menyaksikan betapa megah, glamor dan matangnya persiapan gelaran Moscow Fashion Week yang baru saja rampung diadakan pada 1 hingga 8 Maret 2024 kemarin di Moscow, Rusia.

Moscow Fashion Week 2024, Menage Moscow Rusia, 1 sampai 8 Maret 2024. (Ridho Nugroho)

Bila mana kita biasanya hanya mendengar gelaran Paris Fashion Week, Milan Fashion Week dan New York Fashion Week, Moscow Fashion Week pun sangat amat perlu mendapat perhatian dan apresiasi khusus oleh kita para pencinta fashion.

Keseriusan Moscow Fashion Week dalam mengusung tagline panggung global keragaman budaya bagi seluruh insan fashion dunia ditunjukkan melalui kehadiran 120 fashion desainer dari berbagai belahan dunia.

Moscow Fashion Week 2024 di Menage Moscow Rusia pada 1 - 8 Maret 2024 (Ridho Nugroho )

Tidak hanya fashion desainer asal tuan rumah, Rusia. Moscow Fashion Week 2024 turut berbagi runway bagi fashion desainer dari negara lainnya, seperti Brazil, Indonesia, Cina, India, Turki, Afrika Selatan, Ethiopia, Mesir, Kosta Rika serta negara lainnya.

Lebih dari sebuah ajang peragaan busana, Moscow Fashion Week pun menghadirkan B2B showcase room atau pameran dagang busana untuk memudahkan para buyers serta fashionista dari berbagai belahan dunia untuk bertemu dengan para fashion desainer tersebut.

Moscow Fashion Week 2024 di Manege Moscow Rusia pada 1 - 8 Maret 2024 (Ridho Nugroho)

"Dalam beberapa tahun terakhir, Moscow telah menjadi salah satu negara pilihan bagi para desainer internasional untuk merilis koleksi dan brandnya secara global. Ini juga ditandai dengan peningkatan selera berpakaian serta intensitas terhadap tren fashion di Rusia sebanyak 10 hingga 15 persen per tahunnya," menurut Fashion Fund Rusia yang merupakan penyelenggara Moscow Fashion Week bersama Pemerintah Rusia pada Stylo Indonesia. 

Pemilihan lokasi Manege Moscow sebagai tempat berlangsungnya panggung runway dan pameran koleksi busana pun dilandasi oleh alasan historikal yang dekat dengan landmarks kebanggaan Rusia yaitu Kremlin dan red Square serta Internasional Russia Expo yang notabenenya sangat bergaya arsitektur khas Rusia.