Apa yang Bikin Keputihan Berlebih? Pecinta Makanan Manis Harap Lebih Hati-hati!

By Stylo Writer, Senin, 11 Maret 2024 | 07:00 WIB
Apa penyebab wanita ada keputihan? (stylo doc)

Stylo Indonesia - Keputihan merupakan masalah yang sering terjadi dan cukup mengganggu bagi sebagian besar wanita. Keputihan terjadi saat keluarnya cairan atau lendir dari vagina dan leher rahim.

Sebenarnya, cairan atau lendir ini dikeluarkan secara alami oleh tubuh menjaga vagina tetap bersih dan lembab, serta melindunginya dari infeksi.

Tak hanya terjadi pada wanita dewasa, remaja perempuan juga mengalaminya. Pada sebagian besar kasus, keputihan adalah normal.

Namun, ada beberapa kondisi yang membuat keputihan bukanlah kondisi abnormal. Untuk itulah, penting untuk mengenali tanda keputihan normal dan abnormal agar lebih peduli menjaga kebersihan organ kewanitaan.

Lalu, apa saja sebenarnya kebiasaan-kebiasaan yang bisa memuci keputihan? Simak sampai habis. 

1. Menggunakan celana ketat

Memakai celana ketat sehari-hari bisa membuat bakteri dan keringat jadi menumpuk serta memicu adanya gesekan yang lama-lama akan menimbulkan keputihan.

Akan tetapi, tidak hanya keputihan, kamu juga bisa mengalami masalah iritasi, lecet, dan gatal di sekitar area kewanitaan.

2. Memakai sabun khusus area kewanitaan

Banyak orang belum mengetahui bahwa sebenarnya kamu tidak perlu menggunakan sabun khusus area kewanitaan untuk membersihkannya. 

Sebab area kewanitaan punya mekanisme untuk membersihkannya sendiri.

Dikutip dari berbagai sumber, menggunakan sabun pembersih ini justru bisa mengganggu keseimbangan mekanisme area kewanitaan hingga memicu keputihan berlebih.