Sukses Kembangkan Bisnis Wewangian Lokal, Tokopedia Hadirkan Kisah Inspiratif dari Sang Founder dan Workshop Membuat Parfum

By Livia, Selasa, 27 Februari 2024 | 16:00 WIB
Sukses Kembangkan Bisnis Wewangian Lokal, Tokopedia Hadirkan Kisah Inspiratif dari Sang Founder dan Workshop Membuat Parfum (dok.pribadi)

Stylo Indonesia - Industri wewangian di Indonesia, termasuk parfum dan pengharum ruangan atau reed diffuser terus mengalami kemajuan berkat hadirnya berbagai brand lokal.

“Di Tokopedia, penjualan produk parfum naik lebih dari 2 kali lipat selama tahun 2023 jika dibandingkan dengan tahun 2020 saat pandemi lalu,” ujar Beauty and Personal Care Category Development Senior Lead Tokopedia, Stefanie Yuli.

“Sedangkan untuk penjualan pengharum ruangan, seperti reed diffuser di Tokopedia, mengalami kenaikan hingga lebih dari 13 kali lipat di periode yang sama. Hal ini mendorong Tokopedia terus berkolaborasi dengan mitra strategis untuk selalu mendukung pelaku usaha lokal, termasuk di industri wewangian, menciptakan peluang bisnis lewat platform online,” jelasnya. 

Deretan Inisiatif Tokopedia dan TikTok dilakukan untuk mendukung potensi pelaku usaha lokal di industri wewangian, termasuk parfum dan pengharum ruangan, seperti Tokopedia dan TikTok menggencarkan kampanye Beli Lokal, yang diluncurkan pada 12.12 Harbolnas tahun lalu.

Masyarakat bisa mengakses kampanye Beli Lokal di aplikasi Tokopedia maupun Shop Tokopedia melalui aplikasi TikTok.

Kolaborasi dan inovasi dari berbagai pihak menjadi kunci untuk mendukung tumbuh kembang  industri wewangian dari brand lokal, seperti parfum dan pengharum ruangan.

Sebagai rumah bagi lebih dari 14 juta penjual, termasuk dari industri wewangian lokal seperti parfum dan reed diffuser, Tokopedia pun membagikan kisah inspiratif dari founder dua brand wewangian lokal, yaitu Alchemist Fragrance dan Euódia Home.

Mengharumkan industri parfum lokal dengan inovasi pembuatan parfum sesuai karakter dan menghasilkan wewangian yang memberi kesan mewah dan klasik sekaligus terjangkau menjadi ambisi CEO dan Founder Alchemist Fragrance, Naya Tinanda Nabila, saat mendirikan brandnya pada 2022.

Sebagai pencinta parfum, Naya ingin membangun bisnis di industri parfum agar brand lokal menjadi pilihan masyarakat Indonesia dan mampu bersaing di panggung global.

Berbagai tantangan pun dihadapi Naya dan tim ketika membangun Alchemist Fragrance.

Salah satunya mengedukasi sebagian masyarakat terkait proses kreatif di balik pembuatan parfum.

Faktanya, ada proses yang sangat panjang dalam meracik wewangian dan tingkatan aroma.