Kemeriahan Cosmetic Day 2023 Kementerian Perindustrian X Stylo Indonesia, Pameran Dagang 20 IKM Kecantikan Lokal Binaan Ditjen IKMA

By Dinda Tiara Alfianti, Senin, 27 November 2023 | 19:00 WIB
Momen potong pita pembukaan Cosmetic Day 2023 hari Jumat (24/11) di AEON Mall Tanjung Barat, Jakarta Selatan. (Dok. Marsha A.)

Stylo Indonesia - Cosmetic Day, sebuah acara tahunan Kementrian Perindustrian (Kemenperin) Republik Indonesia) kembali digelar.

Berkolaborasi dengan Stylo Indonesia, Kemenperian hadirkan Cosmetic Day 2023 yang digelar pada tanggal 24-26 November 2023, di AEON Mall Tanjung Barat Jakarta.

Di tahun ini, Cosmetic Day mengusung tajuk “Yang Lokal Semakin Fenomenal”.

Dalam event ini, ada banyak rangkaian acara yang ditampilkan, seperti beauty & business talkshow, Temu Bisnis pelaku industri kosmetik lokal, beauty workshop, hingga pameran produk-produk Industri Kecil dan Menengah (IKM) lokal.

Di sekeliling Main Atrium AEON Mall Tanjung Barat, telah tersedia sekitar 20 tenant IKM pilihan Kementerian Perindustrian.

Di acara tersebut Stylovers bisa bebas berbelanja berbagai kebutuhan makeup, skincare, haircare, footcare, parfum, hingga kebutuhan skincare bayi!

Pengunjung di salah satu booth IKM binaan Kemenperin RI di Cosmetic Day 2023, AEON Mall Tanjung Barat, (25/11/23) (dok. Stylo. Daru & Gusti)

Tak hanya dijamin aman, produk-produk IKM lokal yang ada juga memiliki harga yang sangat terjangkau, loh!

Kemeriahan pun semakin terasa karena serangkaian Talkshow dengan pembahasan seputar kosmetik lokal di tahun 2023 bersama Stylo Indonesia dan sederet sosok yang ahli di bidangnya.

Daripada penasaran, coba simak rangkuman kemeriahan Cosmetic Day 2023 ini yuk, Stylovers!

Day 1

Pembukaan Cosmetic Day 2023 Kemenperin RI X Stylo Indonesia, Jumat, 24 November 2023, AEON Mall Tanjung Barat, Jakarta/ (dok. Stylo. Daru & Gusti)

Di hari pertama digelar Temu Bisnis Kementrian Perindustrian yang mempertemukan sejumlah pelaku bisnis di industri kosmetik lokal.

Selanjutnya, digelar Opening Ceremony Cosmetic Day 2023 yang diresmikan langsung oleh Ir. Ni Nyoman Ambareny, M.Si selaku Plt. Direktur Industri Aneka dan IKM Kimia, Sandang dan Kerajinan Kementrian Perindustrian RI.

Baca Juga: Cosmetic Day 2023, Tips Memilih Kosmetik yang Aman Menurut Pakar

 

Menurut Ir. Ni Nyoman Ambareny, M.Si selaku Plt. Direktur Industri Aneka dan IKM Kimia, Sandang, dan Kerajinan Kemenperin RI, di opening Cosmetic Day 2023, acara ini diadakan khusus untuk mendorong pertumbuhan dan perkembangan industri kosmetik lokal.

“Cosmetic Day 2023 diharapkan bisa menjadi ruang bagi setiap pelaku industri kosmetik lokal untuk memperluas pasarnya dan juga dapat mendorong kecintaan masyarakat terhadap produk lokal," ungkapnya.

Opening Ceremony pun juga dihadiri langsung oleh Ridho Nugroho selaku Head of Creative Cosmetic Day 2023 sekaligus Founder & Head Stylo Indonesia.

Sesi tanya jawab pada talkshow di Cosmetic Day 2023 (dok. Stylo. Daru & Gusti)

“Selaku kolaborator acara Cosmetic Day 2023, Stylo Indonesia juga membawa perwakilan Putri Indonesia, menggandeng mahasiswa Program Studi Tata Rias, serta mengundang beautypreneur inspiratif," katanya.

Day 2

Talkshow Inovasi Kosmetik: Bahan Lokal Aman Menjadi Pilihan Terkini (Dinda Stylo)

Selanjutnya, di hari kedua hadir Talkshow Inovasi Kosmetik: Bahan Lokal Aman Menjadi Pilihan Terkini.

Talkshow tersebut menghadirkan Drs. H. Jenih, M.M selaku Pembina Industri Ahli Madya Direktorat IA IKMKSK Ditjen IKMA Kemenperi RI.

Hadir pula DRA. Mayagustina Andarini, M.Sc., Apt. selaku Perwakilan Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM).

Tak hanya itu turut hadir Nur Huda Arif Indiarto selaku Skin Care Scientist Paragon Corp.

Ketiga pembicara tersebut membahas soal bahan lokal aman yang harus menjadi pilihan terkini bagi pelaku bisnis kosmetik.

Terdapat pula edukasi bagi pencinta kosmetik agar lebih cermat memperhatikan bahan yang aman pada setiap produk yang akan digunakan.

Selanjutnya hadir pula Talkshow Masa Depan Kosmetik Lokal: Menuju Wajib Halal 2026.

Talkshow tersebut menghadirkan Anita Fajrin, S.T selaku Serinor Skincare Formulator ParagonCorp, Enny Santiastuti selaku Analisis Data PPIH Kemenperin RI dan Dr. H. ABD. Syakur, M.Si selaku Kepala Pusat Kerjasama dan Standarisasi Halal BPJH 2023.

Ketiga pembicara menghadirkan bahasan soal rencana pemerintah yang akan mewajibkan setiap brand untuk memproduksi kosmetik Halal di tahun 2026.

Tak hanya itu, ada pula tips memilih skincare yang wudhu friendly sehingga Stylovers yang hadir bisa lebih cermat untuk menggunakan skincare yang Halal.

Talkshow kemudian dilanjutkan dengan tema Cantik Harus Aman: Legalitas di Dunia Kosmetik.

Di talkshow tersebut hadir Perwakilan BPOM, Henry Suhardja selaku Ketua DPD PPAK Banten dan Saradesy Sumardi S.H. Selaku Tim Bidang Industri Perkosmi.

Ketiga pembicara tersebut memberikan edukasi kepada pencinta kosmetik yang hadir untuk lebih teliti sebelum membeli produk di pasaran agar terhindar dari tertipu produk yang ilegal.

Selain itu, ada pula edukasi soal bagaimana untuk melaporkan produk ilegal yang ditemukan pencinta kosmetik di pasaran.

Selanjutnya, hadir pula Beauty Workshop by Mustika Ratu: Unlocking The Innovative Power of Natural and Clean Makeup.

 

Beauty Workshop tersebut menghadirkan Lulu Zaharani selaku Puteri Indonesia Pariswisata 2023 dan Dini Herliyani selaku Marketing Mustika Ratu.

Kedua pembicara membahas soal tren clean makeup yang kini makin digandrungi dan memberikan rekomendasi pilihan produk makeup dari Mustika Ratu.

Tak hanya itu, hadir pula demo makeup yang memberikan inspirasi cara clean makeup bagi Stylovers yang ingin tampil dengan tren makeup tersebutu.

Dan, ada pula Talkshow Strategi Komunikasi Kreatif Membangun Branding Bisnis Kecantikan di Zaman Now!

Talkshow bersama Luns Maya di Cosmetic Day 2023, Day-2 (dok. Stylo. Daru & Gusti)

Talkshow tersebut menghadirkan Luna Maya selaku Founder & CEO Nama Beauty, Enti Nurmayati Utami, S.Sn selaku Pembina Indusrti Ahli Muda Kementrian Perindustrian dan Idho Nugroho, M.I.Kom selaku founder & Head Editor Stylo Indonesia.

Di talkshow tersebut para pembicara membahasa soal bagaimana cara membangung branding dan bisnis kecantikan.

Dan, hari kedua ditutup dengan Music Entertainment dari Ola Elannor Indonesian Idol Season 10 dan Dimansyah Indonesian Idol Season 12.

Day 3

Closing Ceremony Cosmetic Day 2023, foto bersama Redaksi Stylo Indonesia dengan Direktur Jenderal Industri Kecil Menengah dan Aneka Kemenperin RI Reni Yanita, Plt Direktur Industri Aneka dan IKM Kimia, Sandang, dan Kerajinan Kementerian Perindustrian Ni Nyoman Ambareny, Head of Fashion Beauty Grid Network and Founder Stylo Indonesia Ridho Nugroho besera Tim Redaksi Stylo Indonesia, dan Puteri Indonesia 2023 Farhana Nariswari di Closing Ceremony Cosmetic Day 2023 (dok. Stylo. Daru & Gusti)

Di hari terakhir Cosmetic Day 2023 hadir Talkshow Menciptakan Jagoan Wirausaha Kosmetik Lewat Pendidikan Tata Rias.

Talkshow tersebut menghadirkan Dr. Jenny Sista Siregar, M. Hum. selaku Dosen Tata Rias Universitas Negeri Jakarta dan Nada Afifah, S.Pd selaku Alumni Tata Rias Universitas Negeri Jakarta.

Kedua pembicara tersebut membahas bagaimana cara menciptakan wirausaha kosmetik lokal lewat pendidikan tata rias.

Selanjutnya hadir pula Beauty Workshop by ParagonCorp: Tips Makeup Korean Look dengan Pilihan Produk Lokal untuk Warna Kulit Indonesia.

Selanjutnya hadir pula Beauty Workshop by ParagonCorp: Tips Makeup Korean Look dengan Pilihan Produk Lokal untuk Warna Kulit Indonesia di Cosmetic Day 2023, (26/11/23) ( dok. Stylo. Daru & Gusti)

Di momen tersebut pencinta makeup yang hadir diberikan inspirasi soal tren makeup korean look dengan menggunakan produk lokal yang cocok dengan kulit perempuan Indonesia.

Dan, ada pula IKM Product Showcase yang dibawakan oleh Cece Stylo dan mempromosikan 20 tenant di Cosmetic Day 2023 ini.

Acara kemudian dilanjutkan dengan Grand Final Stylobebs Ambassador Batch 5.

Cosmetic Day 2023, Kemeriahan Grand Final StyloBebs Ambassador Batch 5 di AEON Mall Tanjung Barat (dok.pribadi)

Terpilih 35 finalis dari ratusan pendafar StyloBebs Ambassador batch 5.

Di antaranya15 finalis dari daerah Jabodetabek turut mengikuti acara yang berlangsung di AEON Mall Tanjung Barat ini.

Selain itu, ada 2 finalis yang terpilih sebagai juara harapan StyloBebs Ambassador batch 5.

3 finalis lainnya terpilih sebagai juara utama StyloBebs Ambassador pada batch kali ini.

Nama Nadia Shafira Kurniawan akhirnya keluar sebagai juara pertama mewakili StyloBebs Ambassador batch 5.

Vivian Chandra menjadi juara kedua dan Cantika Choirunisa Mardian menang dengan juara ketiga.

Kemudian, digelar pula Cosmetic Day 2023 Choice untuk memberikan penghargaan bagi tenant terbaik yang ikut serta di ajang ini.

Penerima program restrukturisasi mesin/ peralatan dari Kemenperin RI kepada PT. Eco Dermo Bio Medic, PT. Lunaray Cahaya Abadi, PT. Followme Indonesia di rangkaian acara Closing Ceremony Cosmetic Day 2023, 26 November 2023. (dok. Stylo. Daru & Gusti)

Dan, acara ditutup dengan Closing Ceremony yang menghadirkan Ir. Reni Yanita, M.Si selaku Direktur Jenderal Industri Kecil Menengah dan Aneka, Farhana Nariswari selaku Puteri Indonesia 2023 dan Idho Nugroho, M.I.Komselaku Founder & Head Editor Stylo Indonesia. (*)