Cosmetic Day 2023, Kemenperin Rancang Strategi Inovasi Kosmetik untuk Keamanan Konsumen

By Dinda Tiara Alfianti, Minggu, 26 November 2023 | 11:21 WIB
Talkshow Inovasi Kosmetik: Bahan Lokal Aman Menjadi Pilihan Terkini (Dinda Stylo)

 

Stylo Indonesia - Cosmetic Day kembali digelar oleh Direktoral Jenderal Industri Kecil, Menengah dan Aneka Kementerian Perindustrian (Dirjen IKM).

Bekerja sama dengan Stylo Indonesia, Cosmetic Day 2023 digelar di AEON Tanjung Barat Jakarta dari tanggal 24-26 November 2023.

Di acara ini hadir bazar kosmetik lokal dari 20 tenant brand binaan Kemenperin yang bisa jadi ajang belanja bagi pencinta kosmetik.

Tak hanya itu, hadir pula talkshow seputar kecantikan dengan narasumber yang ahli di bidangnya.

Salah satunya talkshow bertajuk Inovasi Kosmetik: Bahan Lokal Aman Menjadi Pilihan Terkini.

Di talkshow tersebut hadir pula Drs. H. Jenih, M.M. selaku Pembina Industri Ahli Madya Direktorat IA IKMKSK Ditjen IKMA Kemenperin RI yang menjelaskan soal inovasi kosmetik yang dilakukan oleh Kemenperin.

"Kami melakukan kegiatan yang fokus ke pembinaan, program sudah diluncurkan 5 tahun ini salah satunya adalah untuk bidang kosmetik," ungkapnya.

Beberapa inovasi kosmetik yang dilakukan Kemenperin adalah sebagai berikut:

1. Penelitian Pasar

- Identifikasi tren terkini dan kebutuhan konsumen dalam Industri Kosmetik

- Identifikasi segmen pasar yang berbeda berdasarkan demografi, gaya hidup dan preferensi konsumen untuk memenuhi kebutuhan yang berbeda

- Analisis pesaing untuk memahami posisi pasar, kekuatan dan kelemahan pesaing serta peluang untuk membedakan produk

Baca Juga: Cosmetic Day 2023 Resmi Dibuka Selama Tiga Hari, IKM Lokal Semakin Berjaya!

 

2. Kolaborasi dan Kemitraan

Menjalin kemitraan dengan penyedia bahan baku inovatif dan kolaborasi dengan pihak-pihak terkait

3. Penerapan Teknologi Terkini

Memanfaatkan teknologi terkini serta formulasi baru, pengemasan yang baik dan penggunaan teknologi aplikasi produk.

Di talkshow tersebut, Jenih juga mengungkapkan bahwa industri kecil kometik merupakan tulang punggung yang ternyata pasarnya cukup besar di Indonesia.

"Industri kecil sebenarnya adalah tulang punggung apalagi di bidang kosmetik, sehingga penting untuk kita kembangkan dan beri inovasi," katanya.(*)