Stylo Indonesia - ESMOD Jakarta sukses menggandeng TikTok dalam kampanye #ESMODDesignersOnTikTok dan #FashionMonth yang menghasilkan kolaborasi unik.
Kolaborasi ini dimulai dengan 25 mahasiswa dan alumni ESMOD Jakarta, seperti Nabilah Fitria Kusuma Putri, Nurmalitasari, Fadilah Rahma Lubis, hingga Jennifer Lee, yang mewujudkan ide-ide kreatif dan inovatif bersama content creators TikTok.
Dalam pameran Fashion Nation di main atrium Senayan City pada 28 September 2023, sebanyak 41 koleksi dengan 21 content creators, termasuk @tysnasaputra, @wiralagabae, @andrepanaga, dan lainnya, menjadi sorotan.
Desainer muda ESMOD Jakarta menghadirkan beragam konsep unik, seperti "Upcycled Denim" untuk Veronika dan Valerie, yang menghadirkan keunikan dari baju lama dengan sentuhan maskulin dan feminin.
Tysna Saputra membawa tema "Urban Staple" dengan busana yang bisa digunakan sehari-hari dan fleksibel untuk aktivitas indoor dan outdoor.
Sementara Roman Nuansa memadukan kekayaan tradisional Indonesia dengan modern dalam tema "Indonesian Heritage" dengan penggunaan kain celup (shibori).
Selain fashion show, koleksi ESMOD Jakarta juga ditampilkan dalam experience booth kolaborasi ESMOD Jakarta x TikTok.
Pengunjung dapat mencoba berbagai busana karya para desainer muda ESMOD Jakarta, menciptakan konten TikTok dengan berbagai tampilan yang telah dipadukan.
Nathalia Gunarian, Academic Program Manager ESMOD Jakarta, berharap bahwa kolaborasi ini akan menjadi rutin, menciptakan komunitas desainer yang dapat mengekspresikan karya mereka dengan lebih luas.
Baca Juga: Kreativitas Karya Mahasiswa ESMOD Jakarta Tahun 2023 Dinilai 41 Juri Profesional
“Event ESMOD Jakarta x TikTok ini menjadi sebuah wadah bagi para ESMODIANS untuk dapat mengekspresikan diri lewat kreasi mereka. Kegiatan ini membuahkan sebuah kolaborasi yang sesuai dengan kebutuhan dan tren di dunia mode masa kini dari sisi produk maupun platformnya.” ujarnya.
“Semoga kedepannya, kolaborasi ESMOD Jakarta bersama TikTok akan menjadi kegiatan rutin, sehingga kita tidak hanya menghasilkan desainer yang mampu membuat pakaian saja tetapi menghasilkan desainer yg sudah memiliki komunitas untuk menyalurkan hasil karya mereka lebih luas.” tambah Nathalia.
Kolaborasi antara ESMOD Jakarta dan TikTok bukan hanya sekadar menciptakan pakaian, tetapi juga sebuah wadah untuk mengekspresikan kreativitas dalam tren mode
masa kini.(*)