Koleksi Wiron dari Ikat Indonesia By Didiet Maulana di Panggung Jakarta Fashion Week 2024

By Annisa Suminar, Selasa, 24 Oktober 2023 | 16:05 WIB
Koleksi Ikat Indonesia by Didiet Maulana bertajuk Wiron di panggung JFW 2024, PIM 3 Jakarta, pada Senin (23/10) lalu. (Dok JFW (gettyimages))

Stylo Indonesia - Jakarta Fashion Week (JFW) 2024, ajang mode sepekan resmi dibuka pada Senin (23/10) lalu di City Hall Pondok Indah Mall (PIM) 3, Jakarta.

Hari pertama penyelenggaraan JFW 2024 ini berlangsung secara meriah.

Sederet desainer dan brand fashion menampilkan deretan koleksi terbaiknya di panggung runway JFW 2024.

Salah satu yang tak kalah menarik perhatian adalah koleksi Ikat Indonesia rancangan dari desainer papan atas Didiet Maulana.

Didiet Maulana tampil bersama dua desainer lainnya pada sesi dengan Lux yang mengangkat tema besar “The Magical Fragrance of Confidence Fashion Show”.

Di panggung JFW 2024 ini, Didiet Maulana membawa koleksi busana yang merupakan perpanjangan dari koleksi yang belum lama ini ditampilkan di New York Fashion Week.

“Kali ini sangat personal. Ini merupakan perpanjangan dari koleksi yang kemarin aku bawa di New York Fashion Week. Jadi From New York Fashion Week to Jakarta Fashion Week,” tutur Didiet Maulana saat ditemui di Press Room JFW 2024, PIM 3, Senin (23/10) lalu.

Lebih lanjut, koleksi ini ia ceritakan terinspirasi dari sosok perempuan. Dimana sosok perempuan yang tangguh dan hebat.

“Ceritanya tidak jauh dari perempuan. tema-tema aku banyak mengangkat tema perempuan karena aku tumbuh dan lahir dan dikelilingi oleh perempuan-perempuan hebat. Menurutku perempuan itu pilar negara, jadi dari perempuan orang bisa bertumbuh dan berkembang menjadi manusia sempurna,” tambah Didiet.

Koleksi Ikat Indonesia by Didiet Maulana yang ditampilkan di JFW 2024 ini diberi nama Wiron yang berarti lipatan.

Koleksi Ikat Indonesia by Didiet Maulana bertajuk Wiron di panggung JFW 2024, PIM 3 Jakarta, pada Senin (23/10) lalu. (Dok JFW 2024 (gettyomages))

“Wiron itu lipatan, ceritanya tentang lipatan nanti bisa dilihat kalau perempuan berkebaya kain batiknya kan diwiron, dilipat kali ini koleksinya banyak bermain dilipit. Siluet terinspirasi dari potongan-potongan kebaya,” jelasnya.

Sederet koleksi berupa kebaya dekonstruksi, outer, blus, dress, celana, rok serta glooves tampak dalam koleksinya kali ini.

Warna-warna cerah seperti ungu, oranye, biru, merah hingga pink pun tampak mendominasi koleksi Wiron ini.