Hyperlocal Tokopedia, Inovasi yang Mampu Tingkatkan Peluang Bisnis Bagi UMKM Lokal

By Novita Ibnati Awalia, Kamis, 31 Agustus 2023 | 17:00 WIB
Hyperlocal Tokopedia, Inovasi yang Mampu Tingkatkan Peluang Bisnis Bagi UMKM Lokal (Dokumentasi Tokopedia)

Stylo Indonesia - Inisiatif Hyperlocal Tokopedia merupakan sebuah terobosan baru dari Tokopedia untuk menciptakan peluang bisnis yang lebih luas untuk pelaku usaha terutama UMKM lokal.

Hyperlocal Tokopedia menggunakan teknologi geo-tagging yang memberi akses untuk UMKM agar lebih mudah ditemukan oleh pelanggan.

Kepala Divisi Corporate Affairs Tokopedia, Antonia Adega, mengungkapkan bahwa melalui Hyperlocal Tokopedia, semua pelaku usaha di seluruh wilayah Indonesia memiliki kesempatan yang setara untuk mengembangkan peluang bisnis menggunakan teknologi.

“Hyperlocal Tokopedia terdiri dari berbagai manifestasi. Contohnya, Kumpulan Toko Pilihan (KTP) yang merupakan halaman kurasi produk penjual terdekat dari lokasi pembeli. KTP memungkinkan penjual menjangkau pasar di wilayah sekitarnya dengan lebih mudah,” jelas Antonia Adega.

Tak hanya itu, ada pula inovasi baru bernama Dilayani Tokopedia.

Layanan ini merupakan layanan pemenuhan pesanan, mulai dari penerimaan, pengemasan, pengantaran ke kurir dan penanganan kendala.

“Penjual dapat menitipkan produk di gudang-gudang pintar Dilayani Tokopedia pada wilayah dengan permintaan tinggi. Dengan Dilayani Tokopedia, penjual bisa menjangkau pasar di luar kota atau pulau dengan lebih mudah, tanpa harus berpindah lokasi dan membuka toko cabang sendiri,” tambah Antonia.

Inovasi ini meningkatkan efisiensi bagi penjual, juga kemudahan bagi pembeli sehingga tidak perlu membeli jauh-jauh dari lokasinya karena penjual sudah menitipkan produk di gudang-gudang Tokopedia.

“Inisiatif Hyperlocal Tokopedia membantu kemajuan pelaku usaha di Indonesia, termasuk Yogyakarta. Upaya ini sejalan dengan salah satu komitmen ESG GoTo Tiga Nol (Three Zeroes), yaitu Nol Hambatan (Zero Barriers). Kami ingin membantu pelaku usaha menciptakan peluang tanpa hambatan lewat ekosistem GoTo termasuk Tokopedia,” kata Antonia.

Salah satu brand lokal Yogyakarta yang membangun bisnis bersama Tokopedia adalah Bakpia Kukus Tugu Jogja.

Sejak bergabung dengan Tokopedia pada tahun 2020 dan mengikuti beragam kampanye–seperti turunan Hyperlocal, yaitu KTP–pertumbuhan bisnis Bakpia Kukus Tugu Jogja kian melesat.

Baca Juga: Tokopedia Traktir Ultah ke-14, Diskon Biaya Jasa Aplikasi dan Bebaskan Tumpuk Promo