Thailand Cosmetics & Personal Care Business Matching, Peluang Kerjasama Bisnis Industri Kecantikan Thailand dan Indonesia

By Annisa Suminar, Rabu, 26 Juli 2023 | 10:18 WIB
Thailand Cosmetics & Personal Care Business Matching yang digelar di Bali Room, Hotel Indonesia Kempinski Jakarta, 25 Juli 2023. ()

 

Stylo Indonesia - Tak ada habisnya jika membahas industri kecantikan dunia.

Selain Korea Selatan, Thailand merupakan salah satu negara dengan industri kecantikan terbesar.

Sektor industri kecantikan, produk kosmetik dan perawatan pribadi di Thailand merupakan salah satu yang terbesar di antara negara-negara Asia Tenggara.

Potensi yang kuat industri kecantikan Thailand tersebut akan diungkap dalam acara “Thailand Cosmetics & Personal Care Business Matching” yang berlokasi di Bali Room, Hotel Indonesia Kempinski Jakarta, 25 Juli 2023.

Acara berupa seminar dan business matching ini akan menghadirkan pengusaha kosmetik dan perawatan pribadi dari Thailand, serta undangan yang terdiri dari importir dan distributor indusri yang sama dari Indonesia.

Hataichanok Sivara, Direktur Thai Trade Center Jakarta, menyatakan bahwa produk kosmetik dan perawatan pribadi mengalami pertumbuhan pesat.

Pertumbuhan yang kuat ini terutama didorong oleh banyaknya konsumen muda yang mulai aktif berpartisipasi dalam pasar kecantikan dan perawatan pribadi.

Berdasarkan data, pada tahun 2022, nilai pasar kosmetik mewah dan wewangian di Thailand mencapai sekitar 487 juta dolar AS.

Proyeksi menunjukkan bahwa pendapatan dari segmen kosmetik di pasar kecantikan dan perawatan pribadi di Thailand akan terus meningkat antara tahun 2023 dan 2027, dengan kenaikan sebesar 186,7 juta dolar AS (+25,61 persen). Diperkirakan pendapatan ini akan mencapai 915,56 juta dolar AS pada 2027.

Selain itu, pertumbuhan ekspor kosmetik Thailand juga menarik perhatian.

Diperkirakan ekspor kosmetik ini akan mencapai $2,6 miliar pada 2026, meningkat dari $2,3 miliar pada 2021. Proyeksi ini menunjukkan peningkatan rata-rata sebesar 2,2% year-on-year.

Bahkan, sejak tahun 1994, pasokan negara ini telah tumbuh dengan rata-rata 4,9% per tahun.