Cara Mencuci Baju Batik Supaya Warnanya Tidak Mudah Luntur di Rumah

By Livia, Senin, 17 Juli 2023 | 15:00 WIB
Cara mencuci baju batik supaya warnanya tidak mudah luntur di rumah. (shopee.co.id)

Stylo Indonesia - Bagaimana cara mencuci baju batik supaya warnanya tidak mudah luntur di rumah?

Merupakan salah satu fashion item wajib punya, gak heran cara mencuci baju batik supaya warnanya tidak mudah luntur di rumah banyak dicari. 

Salah cara merawatnya merusak pakaian, karenanya penting mengetahui cara mencuci baju batik supaya warnanya tidak mudah luntur di rumah yang tepat. 

Kali ini, Stylo akan memberitahu cara mencuci baju batik supaya warnanya tidak mudah luntur di rumah yang bisa Stylovers coba dengan mudah. 

Langsung simak cara mencuci baju batik supaya warnanya tidak mudah luntur di rumah dari Stylo Indonesia. 

Baca Juga: Srikandi untuk Negeri, Fashion Desainer Michelle Tjokrosaputro Memodernisasi Batik Lewat BATEEQ

Sebelum mencuci baju batik, selalu periksa label perawatan yang tertera di pakaian dan ikuti instruksi yang tercantum, karena beberapa jenis batik memerlukan perawatan khusus. 

Cara terbaik mencuci baju batik adalah menggunakan tangan.

Gunakan air dingin atau hangat dengan deterjen lembut atau diformulasikan khusus untuk batik yang tidak mengandung pemutih agar tidak merusak warna pakaian. 

Rendam batik ke dalam air dengan sedikit cuka selama 30 menit sebelum mencucinya untuk membantu menjaga warna batik tidak luntur. 

Balikkan baju batik sehingga bagian dalam yang terlihat saat dicuci untuk melindungi warna batik dari gesekan dengan pakaian atau benda lain saat proses pencucian.