Srikandi untuk Negeri, Chitra Subyakto Sosok Fashion Desainer yang Angkat Batik Lokal Bergaya Internasional

By Annisa Suminar, Senin, 3 Juli 2023 | 12:20 WIB
Srikandi untuk Negeri, Chitra Subyakto Sosok Desainer yang Angkat Batik Lokal Bergaya Internasional (instagram.com/chitras)

Stylo Indonesia - Srikandi untuk Negeri, yuk mengenal lebih dekat dengan sosok Chitra Subyakto seorang desainer batik bergaya internasional. 

Chitra Subyakto menjadi salah satu sosok Srikandi untuk Negeri karena sosoknya yang sudah lama dikenal du kancah mode Indonesia. 

Sebagai informasi, Chitra Subyakto memulai kariernya sebagai fashion stylist dan juga sempat menjajal desainer kostum film. 

Pada tahun 2014, Chitra mendirikan merk tekstil fashion bernama Sejauh Mata Memandang.

Merk lokal yang memiliki misi khusus untuk mengangkat kekayaan dan budaya lokal terutama batik dengan gaya internasional.

Berikut wawancara tim Stylo Indonesia dengan Creative Director Sejauh Mata Memandang, Chitra Subyakto.

#Srikandi untuk Negeri, Chitra Subyakto Sosok Desainer yang Angkat Batik Lokal Bergaya Internasional - Mencintai Proses

Chitra Subiyakto, Creative Director Sejauh Mata Memandang saat konferensi pers Timun Mas di Senayan City hari Kamis (8/11/2018) (Stylo.ID/Mreizghi Alvio Linchia)

Hari Kamis (8/11/2018), Chitra melahirkan koleksi terbarunya yang bertajuk Timun Mas.

Pada konferensi pers, ia mengungkapkan banyak yang bertanya padanya kenapa Sejauh Mata Memandang memilih produksi buatan tangan.

"Kemarin ada beberapa pertanyaan kenapa pakai buatan tangan karena lama dan hasilnya ga sempurna, ga sama semuanya. Kalau saya pribadi sangat menyukai proses handmade," ujarnya ketika ditemui di Senayan City pada pameran Timun Mas.

Ia melanjutkan, Indonesia kuat bukan karena teknologi melainkan dari sumber daya manusianya. Chitra merasa sayang kalau industri tekstil berubah ke mesin, meski lebih cepat dan murah. "Kalau buatan tangan itu ada sejarahnya, ada proses, dan lebih dapet ceritanya," celetuk Chitra.